Hamish Daud Ajak Masyarakat Jaga Laut Indonesia

BANDUNG – Presenter dan sekaligus bintang iklan, Hamish Daud inisiasi gerakan Indonesian Ocean Pride (IOP). Gerakan tersebut didirikan bertujuan memperkenalkan dan melindungi laut Indonesia serta makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Hamish mengungkapan, gerakan yang diinisiasi olehnya dan rekan-rekan, telah melibatkan banyak pihak seperti akademisi, stakeholder terkait hingga anak-anak muda di Indonesia.

“Saya dengan teman-teman profesor, Dirjen maritim, termasuk Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) kita semua lagi gabung bikin gerakan ini,” kata dia saat dimintai keterangan, usai menghadiri Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa di Universitas Padjajaran (Unpad) Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Selasa (26/2).

Dia berkeinginan, gerakan tersebut bukan hanya sekadar mengampanyekan perlindungan laut beserta isinya. Melainkan, didukung oleh nuansa kependidikan yang menyasar anak-anak muda terpelajar.

“Mengampanyekan masalah yang ada di laut kita sekarang, bukan kita demo, kita pengen jadi narasumber di kampus. Justru umur umur ini (siswa dan mahasiswa) yang saya target. Jadi antusiasme seperti ini saya bangga,” imbuhnya.

Karena menurut Hamish, energi perubahan yang positif masih terletak pada level sekolah maupun pendidikan tinggi. Dia ingin menyampaikan pengalamannya selama ini, bahwa lautan Indonesia itu yang paling unik dan spesial di dunia.

“Tim kita sudah menemukan 1800 spesies baru, kita yang kasih nama. Dan kita harus menjaga apa yang kita punya,” kata dia. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan