Disbudparpora Kukuhkan 20 Pramuwisata

CIMAHI – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi kukuhkan sebanyak 20 putra-putri Kota Cimahi sebagai Pramuwisata pada Seni (25/2) di Simply Valore Hotel, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengatakan, mereka yang dikukuhkan adalah yang tergabung dalam naungan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Cimahi.

”Mereka mendapatkan sertifikat resmi, yang menandakan kelegalitasan karena sebelum mereka dilantik menjadi seorang pemandu wisata, terlebih dahulu diberikan pelatihan selama satu pekan. Lima hari teori, dua haripraktik,” kata Budi, disela-sela pengukuhan, belum lama ini.

Menurutnya, karena saat ini baru Wisata Military Tourism yang bakal berjalan, maka pelatihan yang diberikan kepada para pramuwisata tersebut lebih fokus pada seputar sejarah Kota Cimahi.

”Pramuwisata ini secara bergiliran akan memandu para wisatawan yang akan berkeliling menggunakan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci),” ujarnya.

Terkait honor yang akan mereka terima, Budi menjelaskan, mereka akan di gaji dari hasil penjualan tiket bus wisata Sakoci. Untuk besarannya, akan ditentukan DPC HPI Kota Cimahi, yang tentunya disesuaikan dengan standar.

”Honor pramuwisata nanti DPC HPI yang menentukan standarnya. Dari bus Sakoci yang bayar honor,” jelasnya.

Meski saat ini para pramuwisata hanya memandu perjalanan Cimahi Military Tourism, namun, kata Budi, tak menutup kemungkinan ke depannya mereka bakal direkrut para agen travel untuk menjadi Tour Leader (TL).

Sebelumnya, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Cimahi sudah menetapkan tarif dan rute perjalanan Sakoci. Bearannya Rp20.000 per orang untuk wisatawan dewasa, Rp15.000 per orang untuk anak-anak.

Sementara rute yang dilewati di antaranya dari Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkoff, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya, hingga akhirnya tiba di Alun-alun Kota Cimahi maupun sebaliknya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan