Wujudkan Tahun 2020 Bebas Sampah

“Gerakan ini akan member­dayakan para penggiat ling­kungan, dalam membuat kantong-kantong belanja al­ternatif. Bisa dari recycle (daur ulang) sampah plastik atau dari bahan lainnya yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Terkait nasib perusahaan yang memproduksi kantong plastik, Pemkab Bandung akan menca­rikan solusinya. “Kami akan mencari titik tengah bagi peru­sahaan yang membuat kantong plastik. Kita melakukan ini bukan untuk perorangan, karena ma­salah sampah bukan masalah individu, pemerintah ataupun pengusaha. Ini masalah kita semua, mari kita bersama-sama secara perlahan dan terus me­nerus untuk memperbaiki ling­kungan dengan penuh kesada­ran dan pemahaman,” imbuhnya.

“Bahkan kami sediakan bingkisan menarik bagi kon­sumen yang membawa tas belanja sendiri. Tentu ini se­mua perlu waktu, tapi mudah-mudahan dengan langkah kecil mengawasi dan menge­dukasi konsumen yang ber­belanja, kebiasaan lama peng­gunaan kantong plastik akan hilang,” kata Wadiman.

Dukungan positif juga diberi­kan Super Indo. Head of Corpo­rate Affairs and Sustainability PT. Lion Super Indo Yuvlinda Susanta mengungkap pihaknya sudah meluncurkan dua program berwawasan lingkungan. Tahun 2013, dengan program ‘Gunakan Reusable Bag (Tas Guna Ulang), Dapat Cashback’ dan Tahun 2016 dengan program ‘Kantong Plas­tik Tidak Gratis’. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan