Jokowi Pamerkan Terowongan Nanjung

Menteri PUPR Basuki Ha­dimuljono mengatakan, per­baikan badan Sungai Citarum menjadi tanggung jawab Ke­menterian PUPR.

“Kami bertanggung jawab di badan sungainya. Yang men­jadi masalah utama di Sungai Citarum adalah sampah, baik sampah industri atau sampah rumah tangga,” kata dia.

Sungai Citarum saat ini men­galami sedimentasi. Sehing­ga, kapasitas tampung sung­ai berkurang. Oleh karena, normalisasi Sungai Citarum Hulu pada 2017-2019 sudah dilakukan dengan anggaran Rp 78 miliar.

Sementara untuk pembangu­nan floodway Cisangkuy pa­ket I dan II (2015-2019) dengan anggaran Rp 311 miliar dan Rp 320 miliar.

Normalisasi juga dilakukan di beberapa anak sungai Ci­tarum seperti Sungai Ciman­de dengan anggaran Rp 93,15 miliar, Sungai Cikijing (Rp 92,56 miliar), Sungai Cikeruh (Rp 53,31 miliar).

Pekerjaan yang akan selesai tahun ini lainnya adalah pembangunan Embung Ge­debage di Kota Bandung dengan anggaran Rp 85,48 miliar. In­frastruktur pengendali banjir lainnya yang dibangun adalah Kolam Retensi Cieuntung (2015-2018) dengan anggaran Rp 203,83 miliar.

Lokasi Kolam Retensi Cie­unteung di Kecamatan Bale­endah berada di sisi Sungai Citarum. Kolam ini akan mampu menampung debit banjir Sungai Citarum untuk menurunkan tinggi genangan di daerah Dayeuhkolot dan Baleendah sekitar 1 meter dan mengurangi luas genangan dari semula 342 ha menjadi 41 ha.

Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan pembangunan terowongan hidrau­lik Nanjung di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabu­paten Bandung yang dikerjakan sejak tahun 2017 dan ditarget­ kan rampung tahun 2019.

Biaya yang dibutuhkan sebe­sar Rp 352 miliar. Panjang tero­wongan tersebut mencapai 2×230 meter yang bermanfaat untuk mengurangi durasi dan tinggi genangan banjir.

Perbaikan terhadap tanggul-tanggul kritis dan pemeliha­raan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citarum di Hulu dan Hilir juga dikerjakan.

Pemeliharaan DAS Citarum Hulu meliputi sembilan sung­ai yaitu Sungai Cikapundung, Sungai Cimahi, Sungai Citepus, Sungai Cisangkuy, Sungai Ci­cadas, Sungai Cidurian, Sung­ai Cinambo, Sungai Cisaranten dan Sungai Cipanjalu.

Sedangkan DAS Citarum Hilir meliputi lima sungai yaitu Sungai Cidawolong, Muara Pasir Putih, Muara Sungai Ciasem, Sungai Mangsetan dan Muara Kali Menir. (bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan