Lima Rencana Aksi Prioritas Citarum Digelar Besok

BANDUNG – Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) siap menggelar Expo Citarum 2019 di Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung besok (19/2).

Rencananya Expo Citarum 2019 akan menampilkan 33 stand, terdiri dari perusahaan yang berada di sekitaran DAS Citarum dari 12 kota/kabupaten. Mulai dari Kabupaten Bandung, sampai Kabupaten Karawang dan Bekasi.

Sekretaris Dinas DLHK Jawa Barat, Prima Mayangningtyas menjelaskan, inti dari acara Expo Citarum 2019 adalah guna mendata kembali pihak-pihak yang sudah berkontribusi dalam penanganan sungai Citarum. Itu semua adalah wujud komitmen dari selalu pihak yang terlibat.

“Citarum Juara dipimpin Ridwan Kamil ini besok (19 Febuari 2019) akan mendata ulang siapa-siapa saja yang telah berbuat untuk sungai Citarum, apa yang sudah dikerjakan, apa yang sedang dikerjakan dan apa yang akan dikerjakan,” ujarnya di acara Japri, di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22 Kota Bandung, Senin (18/2).

Selain itu, pihaknya akan melakukan finalisasi 5 rencana aksi prioritas Citarum selama 5 tahun kedepan di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil. Untuk mempersiapkan finalisasi tersebut, dia akan mengadakan Focus Grup Discussions (FGD) pada acara Expo Citarum 2019.

“Hasilnya (FGD) kita jadikan 1 bundel buku yang akan diserahkan oleh pak Dedi Kusnadi sebagai Kepala Harian Sekretariat Citarum kepada pak Gubernur sebagai blueprint, rencana atau deadline untuk melakukan upaya pengendalian, perusakan dan pencemarahan Citarum,” paparnya.

5 rencana aksi prioritas tersebut antara lain, rehabilitasi lahan kritis, pengelolaan limbah domestik, pengelolaan limbah industri, penataan sungai dan pemanfaatan ruang dan yang terakhir adalah penegakkan hukum lingkungan.

Prima pun menambahkan, Expo Citarum 2019 tidak menggunakan APBD Provisi Jawa Barat dikarenakan adanya sponsorship atau dana donor dari perusahaan industri yang berada di sepanjang Sungai Citarum.

“Lagi pula memang tidak dianggarkan pada tahun sebelumnya. InsyaAllaah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga kemarin konfirmasi besok hadir,” kata dia. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan