Djarum Foundation Jalin Sinergi dengan UPI

BANDUNG— Program Director Djarum Foundation Primadi H berharap bisa mendapatkan guru-guru terbaik lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk mengisi beberapa proyek di Jawa Barat dan Kudus, Jawa Tengah.

Menurut Primadi, saat ini UPI, khususnya Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) sebagai salah satu institusi terbaik di Indonesia dalam bidang pendidikan. Pasalnya, UPI memiliki semangat yang luar biasa. Apalagi dalam waktu dekat UPI memiliki proyek besar.

”Saya sarankan UPI fokus dan melakukan penguatan dalam bidang industri kreatif dan kepariwisataan, dimana permintaannya sangat tinggi di Indonesia. Kami melihat banyak talenta-talenta yang bagus ada di Bandung, dan Jawa Barat pada umumnya,” ujar Primadi usai melakukan pertemuan dengan pimpinan UPI di Ruang Rapat Partere Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung, Selasa (12/2).

Jika melihat semangat Rektor dan jajarannya, lanjutnya, pihaknya, optimis bisa maju bersama, sebab, hal itu bisa menjadi modal yang paling besar.

“Selain menguasai teknis, guru itu kan mestinya mendidik, tidak hanya mengajar. Kalau mendidik itu kan banyak faktor-faktor lain seperti memberikan motivasi, bagaimana membentuk kerja sama tim, bagaimana mereka membentuk suasana komunikasi yang baik, membangun kolaborasi yang baik, dan berpikir kritis atau critical thinking, serta kreatif, karena semua itu merupakan persyaratan bagi seseorang untuk bertahan di era Revolusi Industry 4.0, dan mereka adalah orang-orang yang menguasai ilmu-ilmu pedagogic,” jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Rektor UPI Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si., mengatakan bahwa kehadiran Program Director Djarum Foundation ke UPI adalah untuk melakukan kerja sama bidang pendidikan. Menurutnya, ada beberapa informasi yang dibutuhkan pihaknya dari Djarum Foundation, salah satunya adalah saran-saran konkrit berdasarkan best practices mereka di dalam mendampingi SMK-SMK.

”Sehingga nanti matching antara apa yang sedang UPI siapkan dengan kebutuhan di lapangan. Kami berharap pihak Djarum Foundation dapat memberikan saran-saran terbaiknya,” ujarnya.

Ditempat yang sama Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Sistem Informasi UPI Prof. Dr. Aim Abdulkarim, M.Pd., menambahkan, kehadiran Program Director Djarum Foundation. Serad ke UPI adalah untuk melaksanakan implementasi kerja sama antara UPI dengan Djarum Foundation.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan