Imlek di Bandung Membara

Dia mengatakan, setiap ta­hunnya tidak pernah terjadi seperti ini. Sebab Wihara Samudra Bhakti ini terbilang terbesar dan sudah sekitar 130 tahun berdiri.

Sementara itu, jemaat lain, Himawan mengatakan, untuk memadamkan api, sejumlah petugas pemadam kebakaran terpaksa mendobrak pagar pembatas vihara untuk mela­kukan pemadaman. ”Api da­pat di padamkan setelah se­kitar sepuluh unit mobil pe­madam kebakaran melakukan pemadaman,” terangnya.

Himawan menjelaskan, akibat kebakaran tersebut disebabkan oleh lilin yang terbakar yang berada di dalam gudang, karena tidak terkontrol lelehan lilin ter­sebut merembet dan membakar bangunan vihara ini.

Sementara itu, pengunjung Cihampelas Walk (Ciwalk) Kota Bandung mempertunjuk­kan barongsai yang dilengkapi kerlap-kerlip cahaya sinar LED.

Pertunjukan yang dimulai pukul 17.00 hingga 18.00 WIB ini sanggup memukau perha­tian ribuan pengunjung yang memadati area pelataran depan Ciwalk. Sebagian di antaranya bahkan telah menanti sejak siang. Salah satunya Windy Aprilia, 36, yang datang ber­sama suami dan anaknya.

”Iya tadi penampilannya bagus banget. Ada lampu-lampunya. Barongsainya juga banyak atraksinya. Ada yang lompat-lompat dari tiang ke tiang,” jelas perempuan asal Cicadas, Kota Bandung itu.

Penampilan barongsai yang disuguhkan di Ciwalk tersebut dilakoni oleh komunitas Lion Dance. Beranggotakan sekitar 25 orang, komunitas yang ter­diri dari muda mudi asal Bandung dan Jakarta ini me­nampilkan atraksi yang meriah.

Selain menampilkan baron­gsai LED, mereka juga me­nampilkan liong dance dan barongsai tonggak. Pertunju­kan barongsai tonggak adalah salah satu yang mampu me­mancing antusiasme penon­ton. Barongsai tonggak mer­upakan pertunjukan barongsai dengan tingkat kesulitan yang cenderung ekstrem, dimana pemainnya harus berlompa­tan dari tiang ke tiang.

Pertunjukan barongsai di Ciwalk merupakan bagian dari acara Blooming with Prosperity untuk memeriahkan Imlek Tahun Babi Tanah. Dalam rangkaian acara tersebut, pengelola mal juga akan menyelenggarakan bazar dan diskon besar-besaran menyambut Imlek.

Berdasarkan jadwal yang di­keluarkan panitia, terdapat rang­kaian Barongsai LED & Liong Show yang akan dihelat 5 Fe­bruari serta Barongsai Keliling pada 10 Februari. (yul/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan