PIM Harus Ditunjang Sarana Umum

SOREANG – Untuk memastikan progres pembangunan dan kebutuhan sarana prasana penunjang. Bupati Bandung H. Dadang M Naser, mengunjungi Pasar Ikan Modern (PIM) di Desa Cingcin kecamatan Soreang.

Dadang mengungkapkan pihaknya akan terus menggenjot pembangunan sarana dan prasarana PIM.

“Kalau dari sisi konstruksi sudah baik. Tapi jika lihat dari sarana penunjang, ini baru masuk kategori pasar sehat, bukan pasar modern. Insyaallah jika tidak ada halangan lagi, pertengahan tahun ini pembangunan PIM sudah siap seratus persen,” ungkap Dadang saat memberikan keterangannya, Minggu (3/2).

Dadang menilai, sejumlah sarana dan prasarana seperti tempat parkir, eskalator dan food court harus disediakan pada PIM tersebut.

“Disini harus ada eskalator, agar memudahkan akses pengunjung jika ingin ke tempat food court di atas. Selain itu, tempat parkir yang nyaman, sirkulasi udara yang baik, sumur air dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) harus diperhatikan,” paparnya.

Dengan hadirnya PIM tersebut, Dadang M Naser berharap, kebutuhan protein dan gizi masyarakat Kabupaten Bandung dapat terpenuhi.

“Hal ini juga dapat mengintervensi kasus stunting di Kabupaten Bandung. Stunting sendiri tidak hanya diderita oleh masyarakat menengah kebawah, tapi menengah keataspun bisa terkena stunting. Ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat, dimana masyarakat lebih memilih makanan instan dan siap saji,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, stunting merupakan kasuistik, oleh karena itu pihaknya akan mengantisipasi dengan berbagai macam makanan berkualitas termasuk ikan.

“Karena masih banyak masyarakat yang tidak suka makan ikan, disini juga akan disedikan berbagai macam produk makanan olahan dari ikan, seperti pindang, nugget ikan maupun keripik ikan. Selain itu, limbah dari tulang ikan juga bisa dimanfaatkan menjadi tepung ikan yang nantinya dapat dicampur dengan makanan khas sunda seperti cireng dan bala-bala” katanya.

Melalui PIM ini juga, Dadang berharap perekonomian masyarakat dapat ikut meningkat. “Selain sebagai pusat suplai ikan air tawar dan air laut, PIM juga bisa menambah aset wisata kuliner di Kabupaten Bandung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan