oleh

Berikan Hadiah Satra Rancage

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadiri acara Hadiah Rancege ke-31 bertepatan dengan perayaan ulang tahun Ajip Rosidi ke-81. Acara tersebut digelar di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Hadiah Sastra Rancage merupakan hadiah sastra yang diberikan Ajip Rosidi kepada sastrawan daerah yang dianggap berjasa dalam mengembangkan sastra daerahnya. Ajip merupakan salah seorang sastrawan sunda terkenal asal Majalengka.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Tempat Wisata Bandung Boleh Dikunjungi Warga Jakarta, Larangan Mudik Tidak Ada Artinya

Ridwan Kamil mengatakan nilai-nilai kebudayaan tidak boleh lutur di tengah kemajuan zaman, salah satunya adalah kesusastraan. Dia mengapresiasi apa yang telah dilakukan Ajip sejak dulu hingga sekarang.

“Pak Ajip Rosidi ini orang yang sangat konsisten membangun kebudayaan lewat sastra. Makannya Rancage ini usianya lebih dari 31 tahun,” ungkapnya di Gedung Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Jalan Buah Batu No. 212, Kota Bandung. Kamis (31/1).

Baca Juga:  Mantan Kades Sukarame Kecamatan Pacet Dituntut Lima Tahun Penjara

Maka dari itu, Emil menerangkan kebudayaan Sunda dapat menjadi semangat generasi muda selain kemampuan bersaing namun juga menguatkan secara identitas Kesundaan.

“Kita (Pemrpov Jabar) ada Kolecer dimana-mana dan Jabar Masagi untuk menguatkan budaya sunda dalam pendidikan karakter. Kita sangat mendukung literasi, banyak program telah dilakukan untuk itu,” paparnya.

Lanjut dia menjelaskan, dengan program- program yang tengah dilakukan Pemprov Jabar, Emil memastikan bahwa programnya bekerja sama dan akan mendukung Rancage.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga