oleh

Pasang Sensor Cuaca di 50 Kelurahan

BANDUNG – Bekerja sama dengan Cyberindo Aditama (CBN) di 50 kelurahan telah memasang sensor cuaca. Sehingga, dengan alat deteksi cuaca tersebut bisa mengetahui peluang terjadinya hujan yang dapat menyebabkan banjir.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kerja sama ini. Penerapan teknologi ini bisa membantu masyarakat memperoleh informasi tentang cuaca di Kota Bandung.

“Inovasi yang telah dibuat bisa diterapkan dan terkoneksi di Kota Bandung sesuai kebutuhan,” katanya saat menerima perwakilan CBN di Balai Kota Bandung, kemarin. (25/1).

Menurutnya, Kota Bandung sebagi smart city maka harus terus meningkatkan inovasi melalui kolaborasi. Sebab, lewat kota pintar, semua harus terkoneksi dengan baik. Tujuannya untuk melayani masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ahyani Raksanagara mengatakan, Pemkot Bandung dan CBN telah bekerja sama memasang sensor untuk mendeteksi cuaca.

“Tahun lalu kita jajakan kerja sama dengan memasang sensor cuaca di 50 kelurahan,” katanya.

Menurut Ahyani, sensor yang terpasang berbeda dengan yang dimiliki oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sensor dari CBN itu langsung ditempatkan di kelurahan. Sedangkan sensor BMKG melalui satelit.

“Prediksinya semakin banyak maka sensor akan semakin baik. Kita bisa mengomparasi dan masyarakat secara terbuka bisa mengetahuinya,” tutur Ahyani.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga