oleh

Pemkab Moratorium Izin Minimarket

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat memutuskan untuk melakukan moratorium izin pembangunan minimarket atau pasar modern di Kabupaten Bandung Barat sejak tahun ini. Hal itu dilakukan menjelang rencana pembangunan desa mart pada 2020 nanti yang digagas oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB Maman Sulaeman mengungkapkan, pihaknya telah memanggil sejumlah pengusaha minimarket baru-baru ini. “Dalam pertemuan itu, kami sampaikan yang belum menempuh perizinan agar segera menyelesaikannya. Selain itu, tidak akan ada lagi penambahan minimarket (moratorium),” katanya, Senin (21/1).

Baca Juga:  KPED Jabar: Orang Tetap Mudik Meskipun Dilarang

Maman menjelaskan, pembangunan desa mart sesuai dengan arahan Bupati, saat ini terus digodok, berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, hingga pemerintah desa. Sebab untuk mewujudkan desa mart, dibutuhkan kajian dari berbagai aspek serta kesiapan dari sejumlah instansi tersebut.

Maman mencontohkan, untuk membangun desa mart, dibutuhkan lahan yang menjadi aset pemerintah desa. Selain itu, berbagai produk yang dijual di desa mart juga harus menampilkan potensi dari desa setempat.

Baca Juga:  Bukannya Solat, Wanita Berjilbab Merah Ini Malah Nyopet

“Intinya, keberadaan desa mart ini harus dirasakan manfaatnya oleh warga setempat, sehingga perekonomian mereka bisa meningkat,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga