Perbaiki Rutilahu Kartikawati

SOREANG – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya rumah Kartikawati, 53, di kampung Babakan Sakola, Rt 01/04 Desa Sukajadi kecamatan Soreang di perbaiki pemerintah kabupaten Bandung.

Melalui Camatan Kecamatan Soreang rumah milik seorang Nenek tersebut direnovasi  dengan cara sabilulungan muspika soreang, pemerintahan Desa Sukajadi dan warga sekitar.

Mereka bersama-sama membongkar untuk memperbaiki rumah tersebut.

“Kami muspika kecamatan soreang, bersama sama memperbaiki rumah milik kartikawati, walau dengan matrial sederhana tetapi rumah ini layak untuk dihuni,” kata Ahmad Kurtubi sekretaris Camat Soreang kepada wartawan saat ditemui di lokasi kemarin, (30/12)

Menurutnya, perbaikan rumah warga sukajadi yang tidak layak huni,  diawali dengan pembongkaran rumah yang dipimpin langsung camat soreang. perbaikan tersebut harus memiliki sirkulasi udara dan ventilasi untuk sinar matahari agar sehat.

“Kontruksinya sederhana (dibangun ulang) yang penting rumah itu layak huni, ada udara dan sinar matahari masuk serta lantai tersemen,” tuturnya

Dia mengungkapkan, Camat Soreang akan menyumbangkan dana pribadi kurang lebih 7 juta untuk perbaikan rumah tersebut. Sedangkan, dengan bahan bangunan sebagain memanfaatkan barang milik kecamata yang masih bisa dipakai.

“Bahan-bahan bangunan kami menyuplai sebagian dari desa. Kebetulan desa lagi direhab, ada yang bagus dan masih bisa dipakai akan digunakan disini,” kata Heru

Hal yang sama dikatakan, Kanit Pol PP Kecamatan Soreang, Heri Suryana mengatakan perbaikan dilakukan terlebih dahulu dengan membuka seluruh bahan bangunan yang menempel di rumah tersebut. Kemudian, pembangunan ulang akan dilakukan.

“Kita bersama sama membingkar bangunan dan memperbaikinya. Semoga dalam waktu beberapa hari ke depan, ibu Kartikawati sudah menempati rumah yamg layak karena sudah diperbaiki,” katanya

Sementara itu Kartikawati pemilik rumah mengaku senang dan berterimakasih kepada pemerintah karena keluhan tentang rumahnya tersebut, direspon dan rumah miliknya diperbaiki.

“Saya senang bisa ketemu langsung dengan pak Camat apalagi rumah ini akan diperbaiki, terimakasih kepada semuanya,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan