oleh

Menata Waktu

Waktu adalah uang. Peribahasa ini sering disebut sebagai pernyataan yang memiliki makna bahwa waktu merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Waktu merupakan sebuah dimensi yang dapat mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik atau memburuk. Waktu terkadang menjadi boomerang untuk diri sendiri apabila kita lalai dalam menggunakannya. Artinya manusia yang tidak dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya akan merugi dalam kehidupannya.

Apakah waktu itu? Semua penjelasan tentang waktu tampaknya hanya sekedar dugaan saja. Hanya Tuhan yang tahu apa esensi waktu. Banyak filosof pun menganggap bahwa waktu adalah satu misteri terbesar yang dihadapi manusia. Kamus Webster mendefinisikan waktu “sebagai rentang yang memungkinkan kejadian-kejadian melaju satu sama lain dari masa lalu melalui masa kini ke masa depan”.  Albert Einstein mengatakan, “Waktu tidak mampunyai eksistensi yang independent dari tata kejadian yang memungkinkan kita mengukurnya”.

Baca Juga:  Asosiasi E-Commerce Sambut Baik Program Pemerintah untuk Gratis Ongkir

Bagaimana waktu ditata? Apakah waktu seperti yang ditunjukkan weker? Secara tradisional waktu ditunjukkan dengan kokok ayam pada dini hari atau bentuk bulan dan letaknya di langit malam atau letak matahari di siang hari. Setiap orang sebenarnya menganut sistem waktu bersifat pribadi yang tidak persis sama dengan sistem waktu yang dianut orang lain, bergantung pada faktor fisiologis, suasana hati (mood), lingkungan fisik, situasi sosial, dan pekerjaan. Minuman keras membuat peminumnya merasakan waktu berjalan cepat pada awalnya, karena stimulasi yang ditimbulkannya, tetapi karena minuman keras adalah depresan, hasil akhirnya bagi peminum adalah terasa waktunya melambat. Ada waktu mengajar bagi seorang dosen, waktu istirahat, waktu bekerja, waktu bagi ibu rumah tangga, waktu beribadah, dan sebagainya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga