oleh

Wujudkan Lingkungan Hidup Sehat, DLH Gelar Jambore Bank Sampah

SOREANG – Salah satu program prioritas pembangunan diusung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di bidang lingkungan hidup.

Melalui Dinas LIngkungan Hidup (DLH),  stakeholder terkait dan beberapa komunitas unsur masyarakat telah dilibatkan pada Jambore Bank Sampah yang digelar di Dome Balerame, Soreang, Kemarin (27/12).

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, kegiatan ini harus menjadi moment untuk kreativitas DLH dalam mewadahi pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, penguatan jejaring dan penguatan komitmen untuk mendukung pembangunan bidang lingkungan hidup (LH).

“Jambore ini juga menyampaikan pesan bahwa tata kelola LH  yang baik dapat berjalan efektif ketika masyarakat mendapat ruang partisipasi yang tepat. Makanya hari ini kita libatkan semua komunitas lingkungan hidup juga seluruh pegiat bank sampah, termasuk dari akademisi,” kata Dadang.

Dia menerangan, jika berbicara soal lingkungan, termasuk berbicara tentang sampah dan peradaban, tentunya berhubungan dengan perilaku manusia dalam mengelola dan menangani lingkungan dan sampah.

Menurutnya, daya dukung dan kualitas lingkungan harus menjadi acuan utama segala aktivitas pembangunan, agar tercipta tatanan kehidupan yang seimbang, nyaman, dan berkelanjutan.

“Implementasi program prioritas bidang LH kan sudah banyak, termasuk yang berbasis masyarakat seperti program RAKSA (Rumah Alam, Kakus, Sampah, Air) desa, terbentuknya kampung Saber (Sabilulungan Bersih), lahirnya Badega lingkungan juga adanya rintisan program RW zero waste,” papar Bupati.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga