Petugas Disiapkan di Titik Rawan Bencana

NGAMPRAH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat menerjunkan personelnya di sejumlah titik rawan bencana sepanjang libur Natal dan Tahun Baru. Ditambah dengan  didirikan posko koordinasi laporan kebencanaan di Lembang yang akan beroperasi hingga 2 Januari 2019 dan akan buka selama 24 jam penuh setiap harinya.

“Selama libur natal dan tahun baru BPBD siap mengamankan dari berbagai kemungkinan potensi terjadinya bencana alam. Untuk itu ada 20 personel yang kami siapkan termasuk membuka posko 24 jam di Lembang,” tutur Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, Jumat (21/12).

Menurutnya, sebagai tindaklanjut dari hasil rapat koordinasi lintas sektor menjelang Natal dan Tahun Baru di Polres Cimahi pada Rabu (19/12/2018), disebutkan jika KBB merupakan simpul perlintasan menuju Jakarta tepatnya di simpang Padalarang.

Tidak hanya itu KBB juga merupakan daerah tujuan wisata khususnya daerah Lembang, di kawasan Bandung utara. Oleh sebab itu perlu dilakukan antisipasi terhadap kerawan akibat bencana alam yang mungkin terjadi.

Bukan hanya kesiapan personel, BPBD juga menyiagakan sejumlah peralatan dan kendaraan operasional yang dibutuhkan untuk penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Sementara untuk kebutuhan alat berat (beko), pihaknya akan berkoordinasi dengan SKPD terkait khususnya PUPR jika memang dibutuhkan.

Pasalnya ada beberapa titik daerah rawan longsor di wilayah selatan dan utara KBB yang bisa saja dapat menutup akses jalan. “Untuk titik-titik rawan longsor tersebar di beberapa wilayah, tapi yang harus mendapatkan perhatian lebih seperti daerah Cisarua, Alam Sejuk, Cikole, Lembang, dan Maribaya,” sebut Duddy.

Disinggung mengenai intensitas hujan menjelang akhir tahun ini, Duddy menyebutkan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) curah hujan dengan intensitas tinggi masih dimungkinkan terjadi sampai bulan Januari.

Bahkan sejak November sebenarnya sudah masuk awal musim penghujan hingga Mei 2019, dimana puncak musim penghujan akan terjadi pada antara Januari-Maret.

“Melihat surat edaran dari BMKG itu maka kami mengimbau kepada warga masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan, termasuk bagi mereka yang akan berlibur atau merayakan Natal dan Tahun Baru ke berbagai tempat wisata di Bandung Barat,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan