oleh

Burung Garuda Berkeliaran di Citengah

Siapa sangka jika elang jawa (Nisaetus bartelsi,L.) masih ada di seputaran Sumedang, Jawa Barat. Burung yang identik dengan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia, Garuda itu memang sejak 1992 ditetapkan sebagai satwa langka Indonesia. Bagaimana masyarakat secara sadar menjaga lingkungannya berikut liputannya.

IGUN GUNAWAN, Sumedang

UNTUK sampai ke lokasi Sapataan memang mudah, bahkan sudah ada angkutan umum rute Sumedang-Citengah, meski harus berjalan kaki atau naik kendaraan lagi untuk mencapai titik lokasi tujuan. Berbeda, jika menggunakan kendaraan pribadi, dapat dengan mudah menjangkau, karena lokasinya yang persis di pinggir jalan Desa Citengah.

Begitu sampai di lokasi, suasana adem sangat terasa. Jauh dari hiruk pikuk kota, di sini suara burung yang hidup alam bebas masih terdengar. Sayup sampai terdengar suara kambing mengembek, dan petokan ayam.

Sungai Cihonje, lokasi itulah yang dijadikan destinasi baru untuk para pecinta fotografi.

Airnya sangat jernih. Se­buah jembatan gantung ter­buat dari bambu akan meny­ambut setiap pendatang. Je­mbatan itu akan menghu­bungkan para pengunjung dengan bangunan khas Sunda lainnya yang ada di Sapataan. Sungguh eksotis, pantas para pencita foto kerap datang ke sini.

Seperti siang itu, di aliran sungai yang terhampar batu-batu besar, terlihat sejumlah remaja perempuan asyik ber­main air, mereka menjadi objek menarik para pecinta fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga