Unpas Peduli Citarum Harum

Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom mengatakan, setelah KKN Tematik di Desa Jelegong, maka Universitas Pasundan mulai Januari 2019 akan mengadakan KKN Tematik lainnya di aliran DAS Citarum sampai waktu yang tidak ter­batas. “Sampai Sungai Citarum Bersih,” katanya, yang disam­but tepuk tangan hadirin.

Program KKN Tematik yang “tidak terbatas” waktunya itu, akan dilaksanakan di “home base” yakni desa binaan di hulu Sungai Citarum di Ke­camatan Kertasari Kabupaten Bandung yang meliputi Desa Cibeureum, Cikawung dan Desa Tarumajaya. Di sana, sejak 2013 Unpas bekerjasama dengan LSM Wahana Raksa Citarum menanam pohon alpukat yang bijinya dikum­pulkan oleh para mahasiswa baru Unpas sejak 2013.

“Desa-desa itu masuk ke Sektor I Program Citarum Harum. Unpas sudah ikut menghijaukan wilayah hulu Citarum jauh sebelum ada program Citarum Harum,” kata Rektor Unpas.

Untuk lebih menghijaukan daerah hulu Citarum, Unpas sudah menyediakan 25.000 pohon kopi yang akan dita­naman oleh ratusan maha­siswa Unpas di tiga desa bi­naan di Kecamatan Kerta­sari. Sementara itu, puluhan ribu pohon alpukat yang ditanaman sejak tahun 2013 oleh mahasiswa Unpas, se­karang sudah tumbuh dengan baik. “Insya Allah Kecamatan Kertasari bisa menjadi sentra alpukat,” kata Rektor. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan