Kenalkan Kampus ke Pelajar

SOREANG – Ratusan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciwi­dey Kabupaten Bandung mengunjungi kampus Uni­versitas Pendidikan Indone­sia (UPI) dan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani).

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Ciwidey Taufik Rach­mat, kegiatan tersebut bertu­juan agar mereka mengenal lingkungan perguruan tinggi dan mengetahui tata cara masuk ke perguruan tinggi yang diminati.

”Dengan kunjungan ke kam­pus, siswa bisa secara langs­ung melihat fisik kampus dan istilahnya cara masuk kampus sendiri seperti apa. Siswa hampir 90 persen ikut total 423 orang dan pembimbing 23 orang,” jelasnya kepada wartawan di Soreang, kema­rin.

Saat berkunjung ke UPI, selain melihat kampusnya. Para pelajar juga diajak men­gunjungi Museum Pendidikan UPI. Kemudian dilanjutkam menuju Unjani di Kota Cimahi. Untuk mengukur waktu, be­rapa lama waktu saat berang­kat kuliah nanti.

”Dengan adanya kunjung­an ke kampus bisa ada ker­jasama dengan perguruan tinggi. Siswa bisa lebih mengenal dan tahu bagai­mana tata cara masuk ke PTN,” katanya.

Cecep mengatakan, saat ini sekolah tengah memasuki masa jeda sehabis ujian akhir. Kegiatan yang dilakukan siswa saat ini adalah meny­elenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). ”Porseni diikuti kelas 10, 11. Kelas 12 lakukan kunjungan ke kampus,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, terkait kesiapan Ujian Na­sional Berbasis Komputer (UNBK) pihaknya tahun 2019 melaksanakan secara man­diri seperti pelaksanaan tahun lalu. “Kita punya kom­puter sendiri. Mudah-mu­dahan berjalan lancar (UN­BK),” ungkapnya.

Menurut peserta dari SMAN1 Ciwidey Kelas XII IPA 1 Lydia Sri Rosdiana mengaku senang bisa mengenal perguruan tinggi dan mengetahui tata cara masuk ke perguruan tinggi yang diminati.

“Alhamdulilah dengan po­gram mengenal perguruan tinggi sudah ada gambaran untuk bisa mendaftar dan percaya diri untuk melanjut­kan ke perguruan tinggi,” pungkasnya. (rus/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan