Sering Terjadi Banjir, Warga Kabupaten Bandung Minta Drainase Dibenahi

SOREANG – Sering terjadinya banjir masyarakat menghar­pakan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Ra­kyat (DPUPR) Kabupaten Bandung untuk memprioritas­kan pembenahan drainase.

Kepala Desa Nanjung Keca­matan Margaasih Dian Irawan mengatakan, banyak masy­arakat yang mengadu karena wilayahmya sering tergenang air luapan dari sungai. Hal itu terjadi, karena minimnya pena­taan drainase.

”Kalau drainase jelek sudah pasti air akan meluap karena tidak bisa menampung debit air, apalagi musim penghujan seperti sekarang,”kata Dian kepada wartawan disela ke­giatan rapat koordinasi ren­cana tata ruang (RTR) di Su­tan Raja hotel kemarin, (14/12)

Menurutnya, pihak dinas ter­kait harus bisa memprioritaskan pembangunan dan normali­sasi draenase. Kalau draenase­nya bagus, lanjut Dian diyakini akan meminimalisir terjadinya banjir dan luapan air.

”Saya yakin kalau dinas PUPR memprioritaskan perbaikan dan pembangunan saluran draenase akan mengurangi terjadinya luapan air yamg mengakibatkan banjir,” katanya

Lebih lanjut Dirinya men­jelaskan, seperti yang sering terjadi di wilayah margaasih walau hujan kecil pasti air cepat naek dan menggenangi jalan dan pemukiman warga. Hal itu, terjadi akibat draena­se diwilayah tersebut belum tertata dengan baik.

”Saya berharap dinas PUPR kabupaten Bandung bisa mengskalaprioritaskan per­baikan atau pembangunan draenase agar banjir yang sering terjadi di wilayah Nanjung, margaasih bisa teratasi,” akunya

Dian menambahkan, di wi­layah Margaasih pembangu­nan perumahan semakin banyak. Namun, tidak diba­rengi peningkatan drainase.

”Apabila satu atau dua tahun terjadi pembangunan untuk perumahan di area pesawa­han, di khawatirkan tanah serapan diwilayahnya akan berkurang,” tuturya

Dia berharap, kepada pemerin­tah harus lebih memprioritas­kan pembangunan normali­sasi drainase. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan