DPU Kota Bandung Lakukan Pengerukan Sedimentasi Sungai

BANDUNG – Dalam rangka gelar bakti PU ke-73 Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mengeruk dan mengangkat sedimen sungai Cilimus Kecamatan Cicendo kelurahan Pajajaran dan per­baiki infrastruktur di sekitar sungai tersebut.

Kegiatan yang diawali dengan apel pagi di SMAN 9 Bandung merupakan kolaborasi dengan instansi vertikal di antaranya, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Lanud Hu­sein Sastranegara, Sektor 22 Citarum Harum, dan siswa SMAN 9 Bandung.

Oded mengatakan, setiap wilayah memiliki permasa­lahan lingkungan, seperti banjir dan sampah yang harus ditangani bersama-sama.

”Warga Bandung bisa bersama membereskan masalah tersebut dengan kebersamaan,” tutur Oded.

Dia mengatakan, sesuai dengan karakteristik warga Bandung yang suka dengan gotong royong unsur komu­nitas dan instansi harus men­jadi yang terdepan dalam pelaksanaan. Dengan begitu, masyarakat akan secara tidak langsung akan mengikutinya.

Dalam arahannya, Oded pun kembali mengampany­ekan Program Kangpisman (kurangi, pisahkan dan man­faatkan) dengan melakukan gerakan ini mulai dari rumah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya men­gatakan, kegiatan tersebut bertujuan normalisasi infra­struktur, meminimalisir ban­jir di kawasan Lanud Husein Sastranegara.

Selain itu, menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membangun di daerah resapan air sepanjang banta­ran sungai. Arief mengung­kapkan, kegiatan yang dilaks­anakan yaitu pengerukan drainase dan gorong-gorong depan SMAN 9 Bandung, pengangkatan sedimen sung­ai Cilimus sepanjang kurang lebih 400 meter. ”Dengan partisipasi masyarakat mau­pun instansi terkait, kita harap pembersihan sungai Cilimus berjalan baik,” katanya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan