oleh

Lembaga Litbang Harus Banyak Berperan

BANDUNG – Badan Peren­canaan Pembangunan, Pe­nelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung menggaet seluruh stakeholder penelitian dan pengembangan (Litbang) untuk bersinergi mengoptimalkan hasil pene­litian.

Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna men­gungkapkan, sinergisitas ter­sebut merupakan salah satu langkah untuk mendorong lembaga litbang Kota Bandung lebih profesional. Tujuan akhirnya, mewujudkan pembangunan lebih merata dan berkeadilan.

“Penelitian dan peng­embangan berperan sangat penting dalam mendorong kemajuan bangsa. Hasil-hasil yang akurat dalam bentuk konsep, model, skenario, mau­pun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomen­dasi dalam mengatasi masa­lah yang timbul. Mulai dari perubahan iklim, krisis pangan dan energy, infrastruktur, dan lain-lain,” ungkap Ema di sela-sela acara Diseminasi Penelitian Pengembangan yang digelar Bappelitbang Kota Bandung di Hotel Gran­dia Jalan Cihampelas No. 80-82, kemarin (10/12).

Seperti diketahui, di Kota Bandung terdapat sejumlah perguruan tinggi, institusi swasta, dan pemerintah dae­rah yang memiliki lembaga penelitian.

Ema melihat peran penting lembaga penelitian dalam setiap aspek pembangunan. Dalam konsep manajemen strategis, Bappelitbang mela­kukan berbagai fungsi formu­lasi kebijakan dan pengen­dalian sebagai dasar peren­canaan dengan menerapkan prinsip ”planning by research dan research based policy”. Hal tersebut membuat setiap perencanaan yang dilakukan oleh Bappelitbang menjadi terukur dan dapat dipertang­gungjawabkan secara ilmiah.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga