oleh

HMI Akan Gelar Sekolah Demokrasi

BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Koordinasi (Badko) Jawa Ba­rat akan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam proses pengawalan dan pengawasan partisipatif Pe­milu 2019. Salahsatunya, dengan menggelar Sekolah Demokrasi.

Rencananya menurut Bidang Perguruan Tinggi Kemaha­siswaan dan Pemuda (PTKP), Muhammad Fajar Firdaus, acara tersebut akan digelar pertengahan Desember 2019. Dikatakan pria yang akrab disapa Ajay itu, pihaknya me­mandang peran serta masy­arakat dalam mengawal pro­ses demokrasi sangatlah penting upaya menciptakan Pemilu berkualitas.

Baca Juga:  Innalillahi, Ustaz Tengku Zulkarnain Wafat Setelah Azan Magrib

”Saya memandang masy­arakat adalah bagian dari elemen penting dalam wi­layah demokrasi atupun po­litik. Kepemimpinan yang baik dihasilkan dari proses yang baik. Sama halnya dengan memilih anggota legislatif ataupun eksekutif,” ujarnya saat dihubungi Jabar Ekspres, di Sekretariat HMI Badko Ja­bar Jalan Sadang Hegar 1 Nomor 2, kemarin.

Maka dari itu, sebut dia, pengawasan dalam kontesta­si politik di Indonesia tidak cukup dilakukan oleh lemba­ga-lembaga formal seperti Bawasalu dan Pemantau Pe­milu yang terdaftar. Melainkan bekerjasama dengan masy­arakat untuk bersama-sama mengawasi berjalanya proses demokrasi.

Baca Juga:  Cimahi Bakal Karantina Pemudik Nekat, Pemkot Siapkan Tempat Isolasi di Mess TNI

”Karena kampanye Pemilu merupakan pendidikan politik bagi masyrakat dan dilaksana­kan secara bertanggung jawab sesuai UU No 7 tahun 2018 tentang Pemilu,” tutur Ajay

Karena itu, lanjutnya, pi­haknya akan terus membina dan mengawal upaya pening­katan SDM upaya mewujud­kan hal tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

Baca Juga