Siapkan Satu Hektar untuk Tanaman Stevia

Sementara itu, tim pene­liti dari Unpad mencoba untuk membudidayakan tanaman stevia di kawasan lahan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara, tepatnya di Petak 55, RPH Cikole, BKPH Lembang, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang.

Tim yang dipimpin Wakil Rektor III Bidang Riset, Peng­abdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha Keri Lestari ini men­coba mengembangkan tana­man stevia yang dapat men­jadi bahan baku pengganti gula yang rendah kalori se­hingga bisa mencegah penya­kit diabetes melitus.

“Berdasarkan riset yang kami lakukan, daun stevia memiliki rasa manis sekitar 200 hingga 300 kali gula bia­sa, namun memiliki nol ka­lori. Inilah yang membuat produsen yang bekerja sama dengan lembaga penelitian Unpad, tertarik untuk meman­faatkannya sebagai sumber bahan baku produk mereka,” tutur Keri.

Keri menjelaskan, Unpad me­miliki konsep transformatif learning yakni pembelajaran yang didasarkan riset terkait dengan pengabdian masyarakat. Melalui pembudidayaan tana­man stevia ini diharapkan dapat mengoptimalisasikan kawasan hutan lindung yang selama ini hanya ditanami kopi. Ini dika­renakan karakteristik stevia yang memiliki fungsi konservasi, tidak merusak tanah, dan bisa dipa­nen berkali-kali tanpa harus mencabut akarnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan