Inovasi Kota Bandung Akan Raih Penghargaan

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung tengah bersiap menghadapi Innovative Go­vernment Award (IGA) 2018 yang akan berlangsung di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Selasa (4/12/2018) besok.

Innovative Government Award (IGA) merupakan pen­ghargaan yang diberikan ke­pada pemerintah provinsi sebagai apresiasi atas ino­vasi daerah yang telah ber­hasil dilakukan oleh Pemerin­tah Daerah Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Penghar­gaan tersebut agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah Provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Besok persentasi di Kemen­dagri. Kita akan mempresen­tasikan Inovasi yang sudah berjalan di Kota Bandung. Inovasi yang dirasakan langs­ung oleh masyarakat, seper­ti dari Disdukcapil Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling) lalu program Oma­ba (Ojek Makanan Balita),” tutur Wali Kota Bandung usai memimpin rapat bersama Satuan Kerja Perangkat Dae­rah (SKPD) di Balai Kota Bandung, Senin (3/12/2018).

Rencananya, sejumlah ino­vasi yang bakal dipaparkan yaitu e-Spasi, Mapeling, Oma­ba. Perlu diketahui, e-Spasi dan mapeling merupakan buah pemikiran Dinas Kepen­dudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) guna membe­rikan pelayanan prima ke­pada masyarakat Kota Bandung.

e-SPASI sebagai sebuah sis­tem pendaftaran antrian me­miliki keunikan tersendiri. Sistem antrian terintegrasi dengan Sistem Informasi Ad­ministrasi Kependudukan (SIAK). Melalui sistem ini, masyarakat akan diberikan kepastian antrian dan waktu pelayanan.

Melalui inovasi ini, masyara­kat dapat datang sesuai waktu yang ditentukan. Hal itu mem­permudah masyarakat yang mengurus dokumen kepen­dudukan di Disdukcapil.

Sedangkan Mepeling adalah program pelayanan keliling (jemput bola) yang bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan ad­ministrasi kependudukan kepada masyarakat. Mepeling beroperasi menggunakan mobil berbasis IT yang dilen­gkapi dengan perangkat SIAK.

Mobil Mepeling berjumlah 6 unit secara resmi diluncur­kan pada April 2017. Hingga kini, Mepeling menjadi salah satu kendaraan pelayanan terfavorit di Kota Bandung.

Sementara itu, untuk Omaba (Ojek Makanan Balita) meru­pakan ojek yang khusus mem­bagikan makanan sehat se­cara gratis untuk balita kelu­arga kurang mampu. Omaba merupakan salah satu strategi unggulan Kota Bandung dalam pengentasan masalah gizi buruk.

Berita Terkait