Harga Cabai Merah Keriting ‘Terjun Bebas’

SUKABUMI – Harga komoditas cabai merah kerit­ing di Pasar Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pekan ini terpantau anjlok. Pekan lalu harganya masih di kisaran Rp35 ribu per kilogram, namun pekan ini turun menjadi Rp20 ribu per kilogram.

“Iya, harga cabai merah keriting sekarang turun drastis. Sekarang harganya di kisaran Rp20 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu,” kata Suhendi (51), peda­gang sayuran di Pasar Cibadak, kemarin (2/12).

Menurut Suhendi, anjloknya harga cabai merah keriting sekarang karena persediaan melimpah. Para petani di sejumlah sentra cabai merah ke­mungkinan sedang panen. “Persediaan lumayan cukup banyak,” ujarnya.

Suhendi tak memungkiri harga komoditas say­uran paling cepat berfluktuasi. Kondisi tersebut cukup dipengaruhi cuaca. “Bisa jadi besok atau lusa harganya berubah lagi. Memang paling cepat berubahnya kalau harga sayuran,” tandasnya.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Per­dagangan KUMKM Kabupaten Sukabumi, harga komoditas cabai merah keriting masih terbilang relatif stabil. Di Pasar Cisaat harganya Rp30 ribu per kg, di Pasar Cibadak turun dari Rp35 ribu menjadi Rp20ribu per kg, di Pasar Parungkuda di kisaran Rp35 ribu per kg, di Pasar Cicurug Rp25 ribu per kg, di Pasar Palabuhanratu turun dari Rp30 ribu menjadi Rp24 ribu per kg, di Pasar Sukaraja naik dari Rp25 ribu menjadi Rp26 ribu per kg, di Pasar Surade turun dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg, dan di Pasar Sagaranten stabil di kisaran Rp20 ribu per kg.

“Kalau dirata-ratakan harga cabai merah kerit­ing pekan ini turun. Pekan lalu harga rata-rata Rp28.750 per kg, pekan ini Rp25 ribu per kg,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan KUMKM Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlaela, kemarin. (ist)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan