Mensos Klaim Jumlah Anjal Terus Menurun

Kementerian Sosial juga memberikan Bantuan Sosial Anak melalui Lembaga Kese­jahteraan Sosial Anak.

”Dengan adanya kebijakan-kebijakan pemerintah daerah tentang perlindungan terhadap anak jalanan maka tercermin pula dalam keberpihakan anggaran yang memadai un­tuk penanganan anak jalanan sehingga jumlahnya terus berkurang,” ungkap dia.

Dia menyebut, setiap anak memiliki hak untuk menda­patkan kasih sayang dari kelu­arga, hak mendapat perlin­dungan dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi, hak mendapat pendidikan, laya­nan kesehatan, identitas diri dan hak partisipasi.

Hal ini sangat penting dip­eroleh dari keluarganya se­bagai fondasi bagi tumbuh kembang anak. Tak hanya itu, anak yang hidup di jalan ren­tan berhadapan dengan ba­nyak risiko sosial yang mengan­cam jiwa, tumbuh kembang, tanpa perlindungan dan tak terpenuhinya kebutuhan da­sar mereka.

Untuk itu, mereka harus kembali ke masyarakat, orang tua, keluarga, sekolah. Kelu­arganya juga harus menda­patkan dukungan sosial dan ekonomi agar berdaya se­hingga anak-anak tidak ter­paksa turun ke jalan untuk membantu mencari nafkah keluarga.

”Pada Januari 2016 Kemen­terian Sosial telah mencanang­kan program Indonesia Bebas Anak Jalanan. Dalam imple­mentasinya, kami bekerja bersama kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah, dan masyarakat,” te­rangnya.

Jambore Ceria Anak Indo­nesia dihadiri sebanyak kurang lebih Seribu anak jalanan dari LKSA anak jalanan yang berada di wilayah Bandung Raya. Bersama anak-anak ini, Menteri Sosial menyerukan ‘Gerakan Stop Anak di Jalan’.

Direktur Jenderal Rehabili­tasi Sosial Kementerian So­sial Edi Suharto menuturkan, jambore ini bertujuan mem­berikan kesempatan kepada anak-anak menikmati situasi bermain di tengah masalah yang mereka hadapi.

”Semoga Jambore Ceria Anak Indonesia pada hari ini (kema­rin, Red.) menghasilkan keter­paduan program antara pusat dan daerah, memberi nilai tam­bah dan meningkatkan upaya menyejahterakan masyarakat kita, terutama anak-anak kita tercinta,” tandasnya. (yan/ign) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan