ICT Harus Diterapkan Disetiap SKPD

SOREANG – Bupati Kabu­paten Bandung Dadang M. Naser menekankan, kepada Seluruh Satuan Kerja Perang­kat Daerah (SKPD) harus melakukan menggunakan Information Communication and Teknology (ICT).

Dadang mengungkapkan, program smart village saat ini sudah diluncurkan untuk membangun desa cerdas dengan memanfaatkan tek­nologi. Hal ini, mendorong percepatan program seribu kampung dari sisi IT atau teknologi informasi.

”Kegiatan ini merupakan upaya pemkab Bandung dan kami juga sudah menugaskan agar pelayanan publik meng­gunakan IT dan program keuangan pun sudah terbuka agar bisa dilihat oleh semua orang,” kata Dadang ketika menggelar talk show untuk mewujudkan konsep smart village kemarin. (26/11).

Dadang menegaskan, ke­giatan SAFETIK yang diikuti beberapa lembaga yang sejauh ini telah mampu berinovasi dengan IT sekaligus menge­nalkannya kepada masyarakat.

”Kami juga kini sudah mulai melakukan peman­faatan teknologi diberbagai layanan publik tinggal di padukan dengan inovasi inovasi lembaga lembaga terkait,” jelasnya.

Disinggung terkait progres smartcity Kabupaten Bandung, Dadang ingin sedikit mengu­bah pola. Salah satunya me­nata smart village dan smart people nya dahulu.

”Apabila desanya cerdas pasti akan terbangun kota cerdas yakni smart city juga. Karena smart village juga akan terbentuk bila smart people­nya disentuh,” terangnya.

Dadang mengaku telah menginstruksikan Disko­minfo menyaring dan men­cari beberapa inovasi baru untuk diterapkan di sejum­lah SKPD.

”Seperti inovasi bidang pertanian ya harus cerdas dipadukan dengan IT, terus bidang ekonomi mendorong pengembangan Usaha Mik­ro Kecil Menengah (UMKM), sehingga (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan