Cetak Bibit Penghafal Quran

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial terus mendorong agar ge­nerasi muda Kota Bandung semakin bersahabat dengan Alquran. Salah satunya melalui Seleksi Tilawatil Quran (STQ).

”Kota Bandung akan terus mewujudkan sebagai kota yang agamis. Mudah – mu­dahan pertilawahan Alquran di Kota Bandung semakin baik. Oleh karenanya, Pem­kotBandung mendukung terus serta konsen terhadap pembinaan untuk STQ ini,” ujar Oded usai membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-36 Tingkat Kota Bandung 2018, di Kantor Kemente­rian Agama Kota Bandung Jalan Soekarno-Hatta, Senin (26/11/2018).

Oded berharap, semua peserta dapat mengikuti STQ dengan serius dan meman­faatkan kesempatan tersebut.

Sementara itu, Pelaks­anaan Harian (Plh) Sekre­taris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, mengung­kapkan, sebanyak 152 pe­serta akan mengikuti STQ Tingkat Kota Bandung dengan 8 cabang yang dip­erlombakan. Kali ini STQ diselenggarakan di Kompleks Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Jalan Soe­karno Hatta.

Adapun 8 cabang perlom­baan tersebut yaitu cabang tilawah anak-anak dengan 26 peserta, cabang tilawah dewasa (40 orang), cabang Tahfiz 1 juz dan tilawah (23 orang), cabang Tahfiz 5 juz dan tilawah (12 orang), cabang Tahfiz 10 juz (21 orang), ca­bang Tahfiz 20 juz (11 orang), cabang Tahfiz 30 juz (12 orang) dan bidang tafsir Alquran bahasa Arab (7 orang).

Ema berharap, kegiatan selama 3 hari itu, 26-29 No­vember 2018 menghadirkan para hafiz Quran yang terbaik.

Sementara itu, Kepala Kan­tor Kementerian Agama Kota Bandung, Yusuf ber­harap, STQ menjadi syiar bagi lingkungan masyarakat Kota Bandung.

”STQ ini diarahkan dalam upaya untuk menumbuhkan kecintaan dan gairah ma­syarakat Kota Bandung yang senantiasa mempelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup sehingga dapat diimplemantasikan dalam kehidupan sehari hari,” ka­tanya.

Menurut Yusuf, STQ bukan hanya sebagai rutinitas se­remonial semata, tetapi harus menjadi momentum strategis bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat Kota Bandung.

”Bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan memahami nilai yang terkandung dalam Alquran,” tuturnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan