Wacanakan Pembangunan Padepokan Silat

SOREANG – Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung membangun gedung padepokan pencak silat mendapat respon baik dari pengurus Ikatan Pencak Silat seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Bandung.

Sugianto Dewan Pembina IPSI Kabupaten Bandung mengatakan, pencak silat merupakan seni tradisional yang sangat berpotensi dalam segi prestasi. Hal itu, terbukti atlet-atlet pencak silat mendapat prestasi dari berabagai even.

” Jadi dengan adanya rencana akan membangun padepokan dan kampung silat. Saya sangat menyambut dan mendukung sekali,” jelas Sugianto kepada wartawan saat ditemui di Soreang kemarin, (22/11).

Menurutnya, wacana ini harus terwujud, mengingat belum lama ini Gubernur Jabar dan Ketua IPSI jabar beserta pengurus Koni Jabar telah menjanjikan akan membangun gedung Paguron/padepokan Pencak Silat di kabupaten Bandung. Sehingga, rencana ini sangat tepat mengingat Kabupaten Bandung sendiri berencana akan membuat kampung silat.

“Ini merupakan bentuk penghargaan bagi para atlet dan pelatih yang sudah membawa harum nama Jabar dan Kabupaten Bandung diberbagai event Pencak Silat, baik tingkat nasional maupun international,” katanya

Sugianto yang juga Anggota DPRD Kabupaten Bandung berjanji akan mendorong program kampung silat dan rencana pembangunan gedung padepokan pencak silat. Sehingga, jika rencana ini terwujud maka akan menjadi penghargaan sekaligus kebanggaan bagi masyarakat dan seluruh perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Bandung.

”Kalau kabupaten Bandung memiliki padepokan silat, pastinya sangat banyak manfaatnya. Apalagi dengan wacana adanya kampung silat,” jelasnya

Dia menuturkan, akan terus mendorong Pemkab Bandung dalam mengusulkan pembangunan padepokan ke Pemprov Jabar. Sebab, lokasi yang cocok untuk gedung padepokan silat itu adalah di dekat Stadion Si Jalak atau samping Gedung Budaya atau di Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah.

”Di Jelekong merupakan memiliki potensi bidang seni dan memang sudah ditetapkan sebagai kampung wisata seni,” katanya

Sugianto menambahkan Jika gedung Padepokan Silat terwujud maka, bisa dikembangkan sebagai padepokan edukasi agar generasi muda memahami tentang sejarah seni tradisional yang dimiliki kabupaten Bandung.

’’Ini juga sebagai daya tarik wisatawan, mudah-mudahan dengan adanya kampung silat nanti akan terjalin silahturahmi antara perguruan silat dan bertekad akan memajukan Pencak Silat sebagai seni tradisional khas Jaba,”kata dia. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan