Akur Janjikan Jalan Mulus 2019

Jika pembangunan jalan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan APBD, dipas­tikan tidak bisa diselesaikan dalam tempo waktu lima ta­hun saja. Namun melalui pinjaman ke bank infrastruk­tur pusat, hal itu bisa diatasi dengan waktu yang tidak terlalu lama.

“Insya Allah, tahun 2019 jalan di KBB bisa mulus dengan anggaran pinjaman ke bank,” ujarnya.

Hengki memaparkan, untuk membuat jalan mulus bisa dilakukan dengan cara dibe­ton atau dihotmix. Hasil pen­ghitungannya, anggaran yang dibutuhkan untuk proses pembangunan dengan dibe­ton Rp 2 miliar/kilometer. Sedangkan untuk hotmix Rp 1 miliar/kilometer. Keduanya ditambah dengan anggaran bangunan pelengkap (TPT) Rp 500 juta/kilometer.

Untuk menyelesaikan seluruh jalan kabupaten, dibutuhkan anggaran untuk beton Rp 525.05 miliar dan untuk hot­mix sebesar Rp 315.03 miliar, masing-masing plus TPT se­besar Rp 500 juta.

Dikatakannya, untuk penye­lesaian seluruh jalan di KBB, tiap tahunnya dibutuhkan anggaran sebesar Rp 97,3 miliar, ditambah dana pe­meliharaannya sebesar Rp 20 miliar. Dengan demikian total anggaran yang dibutu­hkan untuk jalan KBB supaya mulus sebesar Rp 110 mi­liar/ tahun.

Anggaran tersebut, kata Hengki bisa dibackup dengan pinjaman dari bank infra­struktur dengan bunga re­latif terjangkau. Pembangu­nan jalan dengan skema pinjaman dari bank, dinilai­nya cukup realistis.

“Karena untuk mewujudkan jalan mulus itu harus juga dido­rong oleh anggaran yang mak­simal,” tandasnya. (adv/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan