Mendagri Buka Sarasehan Kemaritiman dan Melantik Pengurus ASPEKSINDO

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dijadwalkan membuka rembuk kemaritiman nasional yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) pada 16-18 November 2018 di Batam, Kepulauan Riau.

Kepastian ini disampaikan Rian Andi Soemarno selaku ketua panitia. “Iya, Pak Mendagri yang akan buka. Beliau yang akan mewakili Pak Wapres JK,” tutur Rian, Rabu (14/11/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, rembuk kemaritiman nasional yang digelar ASPEKSINDO dijadwalkan dibuka langsung oleh Wapres JK. Hanya saja, belakangan, Wapres JK berhalangan karena berbenturan dengan agenda kenegaraan lain.

Pada acara tersebut, selain membahas program-program kerja, juga dikukuhkan jajaran pengurus ASPEKSINDO. Nantinya, jajaran pengurus yang dikukuhkan selanjutnya akan diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres JK di Jakarta.

Pemerintah pusat memang menaruh perhatian tersendiri pada rembuk kemaritiman nasional yang digelar ASPEKSINDO, sebab acara yang akan digelar mengusung penguatan ekonomi kerakyatan. Keseriusan ASPEKSINDO terkait hal ini telah dibuktikan dengan menggandeng bank plat merah BNI untuk menciptakan 250 ribu pengusaha di desa setiap tahunnya.

“Patut pemerintah pusat merestui dan siap hadir pada acara rembuk kemaritiman nasional. Program-program yang kita susun sejalan dengan program pemerintah pusat terkait penguatan ekonomi kerakyatan.”

“Satu hal lagi yang penting bahwa rembuk kemaritiman nasional yang digelar di Batam adalah acara resmi yang digelar oleh ASPEKSINDO. Kalaupun ada informasi yang beredar bahwa acara rembuk digelar di Jakarta, itu adalah informasi keliru. Yang resmi dan sah secara hukum adalah yang digelar di Batam, bukan di tempat lain,” imbuh Rian menerangkan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan