Wabup Tinjau Lokasi Longsor Arjasari

SOREANG – Longsor di kampung Cibeurem Desa Lebak wangi kecamatan Arjasari yang terjadi pada minggu malam mendapat perhatian serius dari Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan dengan mengunjungi lokasi.

Dia mengatakan, atas nama pemerintah pihaknya turut prihatin terjadinya bencana dibeberapa wilayah Kabupaten Bandung. Untuk itu, dia menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan bencana khususnya bagi warga yang berada di hilir sungai Cibintinu.

” Kami, sudah sejak lama terus mengingatkan dan menyosialisasikan kepada semua masyarakat untuk selalu waspada bencana,” Jelas Gun Gun kepada wartawan saat meninjau lokasi longsor di Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari kemarin, (12/11)

Dia mengungkapkan, terjadinya longsor di Arjasari, dikarenakan kontur tanah yang labil ditambah terjadinya hujan deras. Sehingga, untuk masyarakat di desa tersebut agar selalu waspada.

Selain itu, melalui camat dan seluruh kepala desa di Arjasariu agar selalu menyosialisasikan kepada warganya untuk menjaga lingkungan dengan cara kembali menanami lahan-lahan dengan pohon keras. Sebab, berdasarkan pantauan banyak lahan pertanian sayuran milik warga yang berada di lereng bukit.

Gun Gun meminta kepada BPBD, untuk selalu melakukan pengecekan dan memonitoring lokasi yang diindikasikan rawan longsor dan banjir dengan selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi terjadinya bencana.

Sementara itu, Dadang Wahyudin warga Desa LebakWangi mengakui, warga desa setempat banyak yang mengubah lahan menjadi lahan pertanian. Padahal, kondisi lahannya sangat labil.

”Kontur tanah labil, apalagi diatasnya itu ditanami padi sehingga air masuk kedalam tanah yang membuat retakan. Longsor ini terjadi yang kedua,” jelas Dadang (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan