oleh

Musim Hujan, Potensi Longsor Tinggi

NGAMPRAH– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat meminta warga agar melaporkan segala potensi bencana kepada aparat setempat termasuk kepada BPBD. Hal itu dilakukan agar mencegah terjadinya korban akibat bencana seperti longsor, pergerakan tanah dan banjir bandang. “Musim hujan seperti sekarang yang cukup intens harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat. Karena potensi longsor sangat tinggi termasuk bisa juga banjir bandang sangat rentan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dicky Maulana di Ngamprah, kemarin.

Untuk itu, pihaknya tidak henti-hentinya untuk terus mengingatkan seluruh masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi bencana. Termasuk pihaknya juga sudah membagi zona-zona rawan bencana longsor di antaranya di wilayah selatan mulai dari Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu hingga Rongga. “Untuk longsor memang wilayah selatan cukup tinggi,” ujarnya.

Menurut dia, hujan yang terus turun saat ini potensi terjadinya banjir bandang sangat besar. Terutama di beberapa sungai besar yang bisa meluap ke rumah-rumah warga. “Seperti contoh kejadian jembatan yang membentang di atas Sungai Ciames itu menghubungkan antara Desa Gunung Masigit dan Desa Citatah harus terputus karena tergurus air sungai yang cukup deras. Sementara, di KBB banyak sekali jembatan seperti itu yang juga perlu diwaspadai,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.