Bailey Terkendala Alat Berat

”Dimana sekarang, bukit-bukit di hulu sungai sudah gundul. Yang mengakibatkan air tumpah masuk ke sungai, sehingga banjir bandang,” ujarnya usai meninjau langsung lokasi banjir bandang di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Erry, dari hasil koordinasi dengan unsur terkait dan aparat di Cipatujah, banjir mengalir sangat deras mulai dari hulu hingga muara di Pantai Cipatujah. Ditambah saat itu kondisi laut di Samudara Indonesia sedang posisi rob. Pertemuan antara air yang mengalir dari sungai dan laut, mengakibatkan air meluap hingga melewati batas lantai jembatan. ”Karena air sangat besar, akhirnya menabrak tiang penyangga hingga menyebabkan ambruk,” ungkapnya.

Adanya bencana ini, kata Erry, harus menjadi evaluasi semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Bahwa kondisi alam di Kabupaten Tasikmalaya sudah banyak yang rusak. ”Ini sebuah peringatan untuk menyadarkan kita semua,” paparnya.

Untuk itu, dia meminta Pemkab Tasikmalaya segera melakukan koordinasi dengan Basarnas dan pihak lain dalam upaya pemulihan. ”Kita harap ada penanganan cepat dari pemerintah baik daerah, provinsi maupun pusat atas bencana ini,” tandasnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi ST MT menjelaskan jembatan dan jalan di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah berstatus Jalan Nasional Selatan Jawa. ”Panjang jalan yang amblas sekitar 20-30 meter-an,” terang dia.

Sehingga kewenangan anggaran untuk memperbaikinya, kata dia, menjadi ranah Pemerintah Pusat yang dibantu Balai Besar Jalan Provinsi Jawa Barat. ”Jadi kita hanya bisa membantu dari sisi data, membantu tenaga teknis dan menyediakan peralatan jika dibutuhkan,” jelasnya.

Melihat tingkat kerusakan jalan, analisa Mamik, untuk sementara jalan hanya bisa dipasang dengan jembatan bailey. Supaya masih bisa di lewati, karena jalan tersebut merupakan penghubung antara Tasik-Garut.

”Untuk perbaikan jalan dan jembatan supaya normal lagi tergantung anggaran, jika anggaran tanggap darurat perbaikannya ada. Ya bisa cepat diperbaiki,” ungkapnya. (ujg/dik/ign)

Banjir Bandang Tasikmalaya

Banjir bandang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Selasa (6/11) dinihari. Hujan deras yang terjadi sejak Senin malam , menyebabkan sejumlah sungai di wilayah Tasikmaya meluap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan