Protes Ada TPS Dekat Sekolah

CIMAHI – Rencana pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di sekitar Pasar Atas Baru (PAB) di keluhkan pihak sekolah SMAN 1 Cimahi. Sebab, TPSS tersebut dikhawatirkan akan menganggu kegiatan belajar mengajar.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Cimahi, Dodi Sularto mengatakan, TPS dibangun hanya berjarak beberpa puluh meter dari gedung sekolah, sehingga dipastikan akan tercium bau tidak sedap dari TPSS. Padahal SMAN 1 Cimahi sendiri didorong oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi untuk mengikuti lomba sekolah berbudaya lingkungan.

” Jadi ironis ketika ada bak sampah di dekat sekolah, sementara sekolah kita mengikuti lomba sekolah berbudaya lingkungan” ujarnya saat ditemui di Pasar Atas Baru Cimahi, usai audensi dengan pihak disdagkoperin, kemarin. (6/10).

Dodi meminta kepada Disdagkoperin untuk mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab, adanya bak sampah bisa berpengaruh terhadap penilaian lomba sekolah berbudaya lingkungan, terlebih SMAN 1 Cimahi akan maju ke tingkat nasional pada lomba Adiwiyata.

“Terkait pembangunan bak sampah itu memang sosialisasinya sudah tapi kita tidak diundang makanya kita mengajukan untuk meminta solusi,” kata Dodi.

Dia menginginkan, pemerintah Kota Cimahi agar dalam pembuatan bak sampah tersebut tidak menganggu pada aktivitas sekolah. Sehingga pihaknya mengajukan pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi tepat guna agar tidak mengeluarkan bau.

“Kalau sudah dibangun kami tidak bisa mencegah tapi TPS itu jangan sampai mengganggu dengan bau sampah, caranya harus ditutup rapat untuk meminimalisir baunya karena lokasinya bersebelahan dengan sekolah,”kata dia.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi, Siti Rosidah, mengatakan, pihaknya memaklumi keluhan dari pihak SMAN 1 Cimahi dan akan menyiapkan solusi terkait masalah tersebut.

Terkait solusi dari permasalahan tersebut, pihaknya akan memanfaatkan TPS itu dengan baik dan memantau pengelolaan teknologinya supaya bisa mengurangi polusi udara.

“Kita juga coba agar ada sinergitas antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi dengan pihak sekolah karena DLH yang akan mengelolah tempat sampah ini,” pungkas dia. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan