Kotak Suara Rusak Belum Diganti

BANDUNG – Kotak suara ke­butuhan Pemilu 2019 yang telah tiba di Kabupaten Bandung, namun setelah diperiksa satu persatu ditemukan delapan ko­tak suara yang rusak dan basah. Total kotak suara yang rusak 35.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin mengungkapkan, pihaknya mendapatkan kotak suara yang robek dan lembab serta basah sebanyak delapan kotak suara.

”Kami juga sudah mencatat kerusakan kotak suara hari ini (kemarin) agar KPU Ka­bupaten Bandung sebagai penyelenggara Pemilu se­gera melakukan penggantian puluhan kotak suara tersebut,” ungkap Januar saat ditemui di lokasi gudang kotak suara KPU, kemarin (5/11).

Januar menjelaskan, sejak ditemukan 27 kotak suara rusak, hingga saat ini belum terlihat ada penggantian oleh KPU Kabupaten Bandung. ”Kami akan segera mendorong logistik logistik yang terde­teksi rusak sebelumnya di­tambah delapan buah hari ini secepatnya diganti agar tidak mengganggu pelaks­anaan Pemilu 2019 menda­tang,” jelasnya

Januar juga mengatakan, hari ini sebanyak 10.440 kotak suara tiba di gudang KPU Kabupaten Bandung. Kedatangan logistik untuk Pemilu 2019 itu menambah jumlah kotak suara yang telah diterima sebelumnya oleh KPU setempat. Menurutnya, berdasar­kan hasil pengawasannya logistik berupa kotak suara yang tiba hari ini adalah gelombang ke 5.

”Pada tanggal 31 Oktober lalu sebanyak 1.280 kotak suara datang di gelombang pertama, disusul hari berikut­nya kotak suara yang datang sebanyak 19.189 buah,” kata­nya.

Digelombang ketiga, lanjut Januar, tepatnya Jumat (2/11) diterima sebanyak 7.676 buah, kemudian Sabtu (3/11) sebanyak 12.786 buah, dan hari ini 10.440 buah kotak suara.

”Kalau dari pengawasan sampai saat ini kotak suara itu telah sesuai dengan PKPU no 15 tahun 2018 tentang standar, prosedur, kebutuhan pengadaan dan pendistribu­sian perlengkapan Pemilu 2019,” jelasnya.

Selain kotak suara rusak, lanjut Januar, KPU juga harus segera menghitung kebutuhan logistik apalagi memasuki gelombang pengiriman ke 5 baru tiba 51.371 buah.

”Artinya, kotak suara masih mengalami kekurangan seki­tar 300 buah bila dihitung dengan TPS 10.338. Kebutu­han di Kabupaten Bandung itu sebanyak 51.690 kotak suara,” paparnya.

Di lokasi sama Komisioner KPU Kabupaten Bandung Supriatna mengaku puluhan kotak suara untuk Pemilu 2019 yang tiba dalam kondisi rusak sudah bertahap dikembalikan jajarannya ke pusat, begitu pihaknya menerima report laporan terkait adanya logistik yang rusak sudah langsung dicatat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan