Minta Lantik Dulu Sekda Definitif

BANDUNG – Belum dimilikinya jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif di Kota Bandung, membuat Kementrian Dalam Negeri angkat bicara. Melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mengingatkan agar Wali Kota Bandung segera melantik Benny Bachtiar sebagai sekda definitif.

Menurutnya, sesuai dengan surat rekomendasi Mendagri sebetulnya persoalan pengusulan nama baru yang diajukan Wali Kota Bandung bisa saja dilakukan, Namun, untuk Jabatan Sekda yang telah direkomendasikan harus dilantik dulu.

“Secara prinsip, bisa dilantik dulu apa yang telah diusulkan Wali Kota Bandung dan disetujui Mendagri. Namun jika, dalam menjalankan tugas tidak maksimal silakan saja di evaluasi dan bisa diusulkan kembali penggantinya,”ucap Soni saat dihubungi, kemarin (2/11).

Dia menuturkan, Wali Kota Bandung harus menjalankan setelah ada keputusan dari Kemendagri. Bahkan, tidak boleh melangkahi peran Gubernur Jawa Barat apabila mengajukan penggantian nama Sekda Definitif. Sebab, pada kenyataannya Wali Kota Bandung mengusulkan nama baru untuk Sekda tanpa berkoordinasi dengan Gubernur.

’’Kemendagrikan menjelaskan bila bersurat akan mengubah nama Sekda jangan langsung. Berkoordinasi dengan Gubernur dulu. Maknanya, Kemendagri hanya ingin meluruskan prosedurnya harus via Gubernur,” pungkas Soni.

Sementara itu, setelah jabatan Pelaksana Harian (plh) Sekda Kota Bandung Evi S. Shaleha, Wali Kota Bandung Oded M, Danial menunjuk Ema Sumarna sebagai penggatinya.

Ema Sumarna menjabat Plh Sekda Kota Bandung mulai 2 November hingga 17 November mendatang. Sebab, salain habis masa jabatannya Evi secara pribadi meminta agar menunjuk orang lain sebagai Plh Sekda.

’’Bu Evi sudah capek katanya, mau siap-siap pensiun saja,” kata Oded ketika ditemui di Pendopo belum lama ini.

Menurutnya, ada dua pekerjaan besar yang harus dilaksakanan oleh Plh Sekda yang baru. Keduanya yaitu menuntaskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBD) Kota Bandung tahun 2018 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

“Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan sudah ada Sekda definitif. Untuk sementara pakEma juga merangkap sebagai Kepala BPPD (Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah,” ujar Oded.

Terkait Sekda definitif, Oded mengaku masih menunggu jawaban dari Gubernur Jawa Barat. Sebab, sebelumnya dia telah meminta nama baru calon Sekda Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan