Program Gentong Sarebu Patut Dikembangkan

BANDUNG – Untuk mengen­taskan kemiskinan yang ada di tengah masyarakat Kota Bandung, kecamatan Bandung Kulon menginisiasi program sosial dengan nama Kantong Seribu (Gentong Serebu).

Program Wahana Kesejah­teraan Sosial Berbasis Masy­arakat (WKSBM) ini langsung diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Sekolah Citra Cemara, Jalan Soekarno – Hatta Kota Bandung pada Jumat (26/10).

Camat Bandung Kulon, Da­dan Haeri Guratman menga­takan, gerakan ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk menumbuhkan sikap sosial dengan saling mem­bantu sesama.

Menurutnya, dalam ben­tuknya donasi dikumpulkan dari para para Aparatur Sipil Negera di Kecamatan, para pengusaha, dan warga yang keadaan ekonominya berlebih.

’’Tim yang dibentuk men­gumpulkan donasi yang ter­kumpul dari tiap kelurahan. Selanjutnya, tim akan meny­alurkan ke warga tak mampu,” jelas Dadan ketika ditemui kemarin. (28/10).

Dia mengakui, di wilayah kecamatan Bandung Kulon sampai saat ini masih ada warga yang hidup dibawah garis kemiskinan. Sehinga, keberadaannya harus dibantu baik itu dari pemerintah dengan program sosialnya mapun dari sumbangan masyarakat.

Dadang mnyebutkan, setelah berjalan 3 bulan program gentong sarebu sudah terkumpul dana sebesar Rp18 juta. Dana tersebut, nantinya akan diberikan kepada warga kurang mampu yang anaknya mengalami putus se­kolah. Selain itu, warga sakit, atau warga yang terkena musibah.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengapresiasi program ter­sebut. Diaa optimis, jika pro­gram itu terus bergulir maka Kota Bandung akan semakin berkembang dari sisi sosial.

“Saya yakin dengan gerakan ini, saudara yang kurang mampu dapat terbantu. Pengentasan kemiskinan di Kota Bandung akan lebih mudah. Ini harus menjadi role model bagi 29 kecamatan lainnya di Bandung,” ujar Oded.

Dia mengatakan, masalah ke­miskinan di Kota Bandung se­betulnya banyak memiliki pro­gram sendiri. Namun, jika setiap kecamatan dan masyarakat bersinergi maka masalah kemisk­inan akan cepat teratasi.

’’Jadi saya sangat mendukung sekali apa yang sudah dila­kukan oleh masyarakat keca­matan Bandung Kulon untuk bershadaqoh dan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama,”pungkas Oded. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan