Formasi Bidan jadi Incaran CPNS

NGAMPRAH– Para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Bandung Barat banyak yang mengincar untuk formasi bidan dibandingkan formasi lainnya. Hal itu berdasarkan hasil verifikasi berkas administrasi pelamar untuk seleksi CPNS tahun 2018 di Kabupaten Bandung Barat telah selesai dilakukan oleh panitia seleksi (pansel).

Berdasarkan pengumuman, hasil seleksi administrasi CPNS yang mengacu kepada surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), serentak dilakukan pada 21 Oktober 2018 lalu.

Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Faisal Firdaus mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan verifikasi berkas pada 20 Oktober 2018.

Hasilnya tercatat untuk pelamar seleksi CPNS ke Pemda KBB ada sebanyak 7.513 pelamar. Dari jumlah itu sebanyak 4.220 pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan sebanyak 3.293 pelamar tidak memenuhi syarat (TMS).

“Yang tidak memenuhi syarat sebanyak 3.293 itu persentasenya mencapai 43,8%. Mayoritas kesalahan pelamar terdapat pada surat lamaran, seperti surat lamaran ditujukan kepada Bupati Bandung Barat, ditulis tangan, dintandatangani di atas materai,” kata Faisal, Jumat (26/10).

Faisal mengemukakan, dari sejumlah formasi yang ditawarkan, sebagian besar pelamar mengincar formasi bidan. Jumlahnya mencapai sebanyak 768 lelamar, guru Bahasa Inggris 545, dan guru kelas sebanyak 541.

Namun sebaliknya terdapat 10 jenis formasi Dokter Spesialis yang tidak ada pendaftar sama sekali. Sementara pendaftar formasi khusus cumlaude terdapat dua orang, dan formasi khusus penyandang disabilitas dua orang.

Sedangkan untuk formasi eks tenaga honorer kategori 2 (K2), dari 76 formasi hanya sebanyak 54 pelamar yang dapat mengikuti seleksi administrasi. Menurutnya bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, pengumuman lebih lanjut mengenai lokasi ujian, waktu ujian, daftar peserta ujian, ketentuan dan tata tertib ujian, diinformasikan menyusul.

Mereka yang lulus juga bisa mencetak kartu ujian secara online. “Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi jug kami Sampaikan melalui portal http://bandungbaratkab.go.id, dan juga Instagram @bkpsdm_kbb,” ujar Faisal.

Untuk seleksi CPNS tahun ini KBB mendapatkan kuota formasi 328 orang. Formasi itu terbagi kepada 76 tenaga kategori 2 (K2) dan 252 tenaga umum. Untuk K2 terbagi untuk tenaga pendidikan 70 orang dan tenaga kesehatan 6 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan