oleh

PMI Intensifkan Aksi Donor Darah

NGAMPRAH– Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bandung Barat mengitensifkan aksi donor darah memasuki musim penghujan. Sebab, stok darah di musim hujan diperlukan untuk mengantipasi datangnya bencana alam. Hal itu disampaikan Ketua PMI KBB Junaedi di Batujajar kemarin.

Saat ini, dia memastikan stok darah aman selama beberapa bulan ke depan. Sebab, jaminan pasokan darah didukung dengan terlibatnya sejumlah perusahaan dan instansi yang memiliki jadwal untuk melakukan donor darah. “Biasanya, stok darah bisa mencapai sekitar 500 kantong per hari. Sehingga menjelang akhir tahun dan musim hujan ini, stok darah di PMI aman,” kata Junaedi.

Meski demikian, Junaedi mengatakan PMI KBB masih kekurangan cadangan stok darah AB. Minimnya stok darah jenis AB lantaran masih sedikit masyarakat yang mendonorkan untuk jenis golongan darah tersebut. “Namun, tetap PMI akan melakukan segala upaya untuk mengatasi kebutuhan stok darah AB. Salah satunya dengan rutin mengagendakan donor darah ini,” katanya.

Junaedi menyebutkan, untuk golongan darah A, O dan B masih aman. Dari Januari sampai September stok darah di PMI ada 3.228 labu. “Hanya stok darah golongan AB saja yang selama ini menipis. Namun kita bisa pastikan untuk golongan darah jenis lainnya itu aman, bahkan hingga akhir tahun,” katanya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga