Banyak Bangunan Berdiri di Sesar Lembang

“Sangat tidak disarankan sebenarnya membuat bangunan di sekitar Sesar Lembang ini. Kalau sekarang mungkin sudah terlambat ya, kan bangunannya sudah permanen. Jadi antisipasinya ya harus waspada, atau memperkuat pondasi rumah agar tahan gempa, seperti di negara yang rawan gempa, misalnya Jepang. Warga di sana sudah mendirikan rumah dengan pondasi tahan guncangan gempa”, jelasnya.

Namun sebagai langkah pencegahan saat ini, masyarakat seharusnya tidak acuh terhadap potensi yang bisa ditimbulkan jika sesar Lembang ini bergerak. Pasalnya, gerakan itu bisa memicu gempa yang bahkan kekuatannya bisa menyerupai gempa Pidie Jaya, Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu.

“Masyarakat harus mulai melek informasi. Mulai kenali bahaya sesar Lembang itu seperti apa dan bagaimana mengantisipasinya agar tidak menimbulkan korban jiwa. Memikirkan dulu mulai dari hal terburuk, misalnya kalau sampai terjadi gempa, itu harus berlindung ke mana, hal terpenting yang harus diselamatkan itu kan nyawa, bukan harta benda”, paparnya. (zis/yan)

Tinggalkan Balasan