Perlu Sosialisasi Tangkal LGBT

BANDUNG – Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Sukabumi, Ali Nurhakim menilai perlu adanya sosialisasi guna mengantisipasi maraknya kasus penyimpangan seksual khususnya Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) yang terjadi di masyarakat.

Menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan sejak dini dengan menyasar kalangan pelajar mulai jenjang SD, SMP hingga SMA karena perilaku tersebut adalah penyakit dan pola hidup tidak sehat yang perlu dicegah. Untuk itu, pihaknya akan berupaya mencegah LGBT di Jawa Barat.

“Sekarang ini banyak sekali anak belum cukup umur menjadi sasaran kaum LGBT. Dengan melihat penomena ini KPAI selalu menggalakan sosialisasi dan juga penceghan khususnya di lembaga dan sarana pendidikan seperti sekolah dan lain-lain,” kata Ali di Bandung, kemarin.

Dikatakan Ali, untuk menangani permasalahan LGBT diperlukan aturan hukum yang jelas dan tertuang dalam peraturan pemerintah mulai di pusat hingga daerah. Regulasi tersebut dinilai penting supaya pencegahan dan penanganan berjalan dengan baik.

“Selain sosialisasi dan kampanye anti LGBT, perlu didorong pemerintah dalam penegasan regulasi hukumnya, yang di tuangkan dalam peraturan pusat dan daerah, agar kedepanya bila ada kasus seperti ini lagi, jelas hukumnya dan jelas penanganannya,” kata dia.

Dengan demikian, Ali menilai perlu adanya kerja sama di antara pemerintah untuk memberikan perlindungan lebih terhadap anak-anak. Sebab, hal tersebut sangat penting agar para generasi muda tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, di mana salah satunya berujung LGBT.

“Pemerintah wajib melaksanakan perlindungan anak melalui pembangunan kabupaten atau kota layak anak dan hal ini wajib diperjuangkan temen-temen komisioner yang harus didukung pemerintah dan legislatif terutama daerah yang belum mengetahui,” kata dia.

Dengan kasus LGBT yang kembali memcuat, Ali berharap seluruh eleman mulai dari pemerintah daerah serta elemen masyarakat terkait secara bersama-sama bisa bersinergi dan melakukan pencegahan kasus tersebut. Dia meminta agar semua pihak mengkampanyekan anti LGBT di daerahnya masing-masing.

“Sangatlah penting peran orang tua untuk selalu menjaga anak-anak dengan cara memberikan edukasi yang baik serta pemerintah juga harus mendukung dalam regulasi hukum yang harus diperjelas dalam peraturan pusat dan daerah,” kata dia. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan