Dinas PUPR Cimahi Kebut Perbaikan Drainase untuk antisipasi Banjir

CIMAHI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi terus berbenah. Salah satunya dengan memperbaiki drainase di sejumlah ruas jalan di Kota Cimahi.

Pengerjaan drainase tersebut sengaja dilakukan saat ini sebagai bentuk antisipasi jelang musim hujan. Terlebih, beberapa waktu lalu, Cimahi tidak bisa lepas dari sergapan banjir di sejumlah titik.

Salah satu titik yang drainasenya sedang diperbaikin yakni di Jalan Margamulya, Kota Cimahi. Pekerja sejak sebulan belakangan bekerja memperlebar dan memperdalam saluran untuk dipasangi U-ditch atau beton U.

Meski demikian, dampaknya dirasakan saat ini, debu yang beterbangan ketika angin bertiup dan mengganggu pandangan pengendara. Tak hanya itu, tanah galian yang belum dikeruk juga memakan badan jalan. Sehingga warga sekitar memberlakukan sistem buka tutup.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi Achmad Nuryana, perbaikan drainase lainnya dilakukan di Jalan Demang Hardjakusumah dan Jalan Sangkuriang dengan sistem pengerjaan yang sama.

”Pelebaran saluran ini untuk mempermudah aliran air ketika musim hujan tiba. Dengan pemasangan U-ditch, maka limpasan air akan lebih lancar,” papar Achmad di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, kemarin (15/10).

Saat ini, Achmad mengaku, saluran dan crossing yang ada di Cimahi tidak berada dalam kondisi yang baik. Dia mencontohkan, genangan air di Jalan Cihanjuang salah satunya. Ini disebabkan, kondisi crossing yang bermasalah.

”Saluran di Cimahi ini kan tidak terlalu besar, belum lagi sejumlah crossing kondisinya juga buruk. Akhirnya kalau musim hujan, air itu meluap ke jalan ya karena drainase sudah tidak bisa menampung debit air,” tuturnya.

Buruknya sistem drainase jalan didukung oleh tidak optimalnya keberadaan dan peran dari drainase di lingkungan. Sebab, kebanyakan saluran perumahan bermuara ke saluran drainase jalan.

”Sebetulnya drainase jalan ini debit airnya memuncak karena ada limpasan air dari drainase lingkungan. Sekarang sedang kita pikirkan bagaimana drainase dan crossing saling terkoneksi dan bisa mengalirkan air sampai ke muara tanpa meluap ke jalan,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan pengerjaan perbaikan drainase di Kota Cimahi bisa selesai akhir 2018. Dengan kata lain, pengerjaan sudah beres sebelum masuk 2019. ”Pengerjaan terus kita kebut sekarang,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan