BKKBN: Pengendalian Penduduk Lewat Program Kampung KB

CIREBON – Komitmen Pemerintah dalam mendistribusikan kesejahteraan masyarakat semakin tinggi. Melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), salah satu upaya nya ialah dilaksanakan nya Program Sosialisasi Kampung KB yang bertema Sosialisasi dan Pengembangan Program KKBK Bersama Mitra Tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Mertapada Wetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Sabtu (13/10/2018). Peserta yang dihadiri kebanyakan oleh ibu-ibu tersebut disambut dengan beberapa acara seperti tarian khas daerah dan sambutan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pengembangan program KKBPK di kampung KB, kegiatan ini mengkampanyekanKeluarga berencana kepada masyarakat dengan pematerinya antara lain di sampaikan oleh Elma Triyulianti selaku kabid Adpin BKKBN provinsi Jawa Barat.

Dalam pemaparannya dia menyampaikan penjelasan tentang kriteria warga yang menjadi sasaran program kampung KB yakni pertama daerah yang padat penduduknya, kedua keikutsertaan dalam program keluarga berencananya rendah, ketiga tingkat kesejahteraanya juga masih kurang serta keempat akses terhadap KB, Kesehatan dan pendidikannya rendah.

“Kondisi ini harus di perbaiki dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada warga dan memberikan solusi yang tepat, jitu dan komprehensif agar persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keluarga berencana dapat di atasi dan di perbaiki terutama berkaitan dengan pengendalian pendududuk di Jawa Barat yang penduduknya sudah mencapai 48 juta Jawa barat menjadi provinsi dengan penduduk paling pertama terpadat di Indonesia,” ujar Elma.

Ungkapan selaras juga disampaikan oleh Bu Euis selaku Kabid KB Kabupaten Cirebon mengatakantidak dipungkiri lagi bahwa kepadatan penduduk yang dialami masyarakat Indonesia ini disebabkan oleh kurang pahamnya masyarakat mengenai arti penting Program KB yang telah dilaksanakan Pemerintah dari Tahun 1974 ini.

“Dengan gencarnya BKKBN mengkampanyekan Program KB untuk Masyarakat diharapkan agar masyarakat lebih dekat dengan kesejahteraan. Pemerintah sendiri telah menargetkan pencapaian diseluruh Provinsi Jawa Barat. Sampai saat ini, sudah ada 1329 Kampung KB di Jawa Barat. Kampung KB tersebut tersebar di berbagai kecamatan di Jabar. Di Kabupaten Cirebon, ada 54 kampung KB yang tersebar di 40 kecamatan. Itu artinya sudah melebihi target yang ditetapkan. Kami menargetkan di tahun 2018 ini satu kecamatan satu kampung KB,” lanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan