SMAN 1 Lembang Budayakan Membaca

LEMBANG – Gerakan literasi sekolah merupakan program pemerintah, agar siswa dapat terbiasa dengan budaya membaca dan menulis. SMAN 1 Lembang menjadikan gerakan tersebut, sebagai kegiatan unggulan yang diselenggarakan setiap tahun. Salah satu gerakan literasi sekolah kali ini adalah Readathon (kegiatan membaca bersama-sama), yang diselenggarakan di lapangan SMAN 1 Lembang, Jalan Kayuambon, Kabupaten Bandung Barat.

Wakil Kepala Bidang Humas, Ai Koraliati mengatakan kegiatan Readathon sudah dua tahun dilaksanakan di SMAN 1 Lembang. Biasanya, berlangsung pada bulan Oktober bertepatan pada bulan bahasa.Peserta yang diikutsertakan adalah siswa kelas X, XI, dan para guru. Peserta seluruhnya berjumlah sekitar 870 siswa dan 50 guru, dikumpulkan di lapangan terbuka mulai jam 7 pagi.

”Kegiatan ini tujuannya untuk memicu anak-anak agar selalu mennyukai kegiatan membaca, cinta membaca, dan cinta buku. Karena buku merupakan gudang ilmu dan jedela dunia,” ujar Ai.

Selain itu juga Ai menambahkan tanpa membaca siswa tentunya akan kekurangan ilmu. Dengan membaca akan membangun kecerdasan, membangun komunikasi, membangun kehebatan, membangun kepekaan, sensibilitas dan tentu saja membangun karakter. Tentu karakter yang diharapkan oleh dunia pendidikan.

Ai menjelaskan para siswa yang telah membawa buku, diberi waktu selama 15 menit untuk membaca. Setelah itu, mereka akan meresensi buku tersebut pada secarik kertas lalu dikumpulkan. Dengan kegiatan seperti ini, siswa terlihat lebih bersemangat dalam membaca.Mereka berlomba-lomba untuk membaca lebih banyak karena membaca bersama-sama.

”Acara ini akan diharapkan menumbuhkankecintaan anak-anak dan guru-guru untuk membaca dan menulis, apalagi saat memanfaatkan waktu senggang,” ujar Ai.

Ai mengatakan program ini kedepannya, akan mengantarkan sekolah dalam mengikuti  perlombaan perpustakaan di tingkat provinsi. Tahun lalu, SMAN 1 Lembang telah mengikuti lomba tersebut pada tingkat kabupaten/kota. Ia berharap dengan mengikuti perlombaan ini pada tingkat provinsi, maka akan mempermudah ke tingkat nasional.

Salah seorang siswa kelas XI SMAN 1 Lembang, Gamma Nuansa mengatakan telah menyukai membaca dengan bertemakan politik. Ia membaca selama dua kali dalam seminggu, karena tertarik untuk mendalami hukum di Indonesia. Selain itu, ia merasa remaja sangat penting untuk membaca, karena akan menambah ilmu dan wawasan dari bacaan tersebut. (vanni/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan