Bermain Game Yang Baik Dan Menyehatkan

Olahraga. Jika memang ingin menjadi sehat ketika bermain game, ini adalah cara termudah untuk melakukannya tanpa harus mengubah jadwal. Hampir tiap game yang dimainkan memiliki pause seperti lobby untuk menunggu, menunggu hidup kembali setelah mati, atau layar loading ketika berpindah dari satu layar atau area ke yang lainnya. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan olahraga singkat.

Karena olahraga bukanlah kegiatan yang menyenangkan untuk semua orang, ini juga bisa dijadikan cara untuk memotivasi diri agar bermain lebih baik. Jika benci melakukan push-up tapi mulai sering melakukan itu karena seringkali mati ketika bermain Dota, lambat laun akan bermain lebih baik atau lebih jarang mati. Semua bentuk olahraga cepat yang tidak memerlukan alat adalah pilihan kegiatan yang baik. Jadinya tidak perlu bikin jadwal rutin untuk olahraga karena pasti bakal malas atau lupa karena asik ngegame.

Gamifikasi olahraga. Yang satu ini memerlukan kendali diri yang cukup tinggi. Kita bisa menentukan target untuk memberikan diri kita sendiri waktu untuk bermain game, atau imbalan lain yang berhubungan dengan game. Misalnya, saya tidak akan mengizinkan diri saya sendiri bermain game sampai saya selesai berolahraga di hari itu. Ini sebenarnya hanya trik psikologis jadi ini mungkin saja bukan cara yang cocok, tetapi membuat sebuah sistem tersendiri yang mendorong untuk berolahraga dengan memberi imbalan game bukanlah ide buruk.

Tidak Melampaui Batas. Banyak sekali gamer yang asik main game jadi tidak memperhatikan lagi sms/telpon dari pacar, kerabat, bahkan orang tua. Karena kalau sampai begitu sama saja dengan memilih untuk hidup di dunia fantasi dibanding di dunia nyata, itu artinya sudah kecanduan. Memang tidak ada salahnya bermain game demi istirahat dari dunia nyata, tapi jangan sampai hubungan dengan kerabat, pacar, bahkan orang tua jadi renggang akibat bermain game.

Main game itu memang asik, tapi berbahaya kalau lupa waktu dan tanpa batasan. Dengan tips diatas masih bisa tetap main game dengan waktu lama tanpa merusak tubuh dengan cepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan