PT Jaswita-PT Airin Kerja Sama Pembangunan PLB

BANDUNG – PT Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita) Jabar dan PT Air & Marine Supply (PT Airin) sepakat menjalin kerja sama pembangunan pusat logistik berikat (PLB). Penandatanganan perjanjian dilaksanakan di Hotel Prama Grand Preanger, Bandung, Senin (10/9).

Hadir dalam prosesi penandatangan perjanjian Komisaris PT Jaswita Jabar Kaslan, Zulkarnaen, dan Sri Mulyono, dan jajaran direksi yakni Direktur Utama Ade Dikdik Isnandar, Direktur Operasi Agoes Darmadi, Direktur Umum Winarso, serta pemegang saham. Sedangkan dari PT Airin dihadiri jajaran direksi yakni Direktur Utama Rudolf Valentino Bei. Disaksikan Direktur Utama PTPN VIII Bagja Mulyanto, dari Kementerian BUMN Indra Mulyana, dan notaris.

Direktur Utama PT Jaswita Jabar Ade Dikdik Isnandar mengatakan, Jaswita merupakan perusahaan yang bergerak salah satunya di bidang properti. Pihaknya bekerja sama dengan PT Airin dalam penyediaan properti pergudangan berupa pusat logistic berikat (PLB) dengan skema bid list transfer (BLT).

“Skema bisnisnya kita membangun, mereka menyewa. Setelah 20 tahun, bangunan ini milik mereka,” kata Dikdik.

Dikdik mengungkapkan, dengan adanya kerja sama ini, diharapkan cash flow keuangan PT Jaswita terus mengalami kenaikan. Dari proyeksinya, keuntungan dari persewaan pergudangan ini bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar lagi.

“Kita membangun dari dana equity dan pinjaman bank. Apa yang kita dapatkan dari sewa gudang ini jauh lebih besar dari modal yang kita keluarkan. Asumsinya, pengeluaran 100, pendapatan bisa mencapai 500,” jelasnya.

Tentunya, kata dia, langkah kerja sama ini mendongkrak pendapatan PT Jaswita di bidang properti. Selain itu, ke depannya, pihaknya juga sudah memproyeksikan langkah-langkah kerja sama lainnya guna meningkatkan cash flow perusahaan.

Proyeksi itu di antaranya melanjutkan kerja sama di bidang properti dan berkaitan dengan kepariwisataan berupa pembangunan hotel dengan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB). Pihaknya kini juga sedang mambangun perumahan di Kabupaten Banjar, Ciamis, Sumedang, dan Bogor. “Jaswita punya properti yang residensial maupun komersial,” pungkasnya.

Direktur Utama PT Airin Rudolf Valentino Bei mengungkapkan, sebagai anak perusahaan BUMN, jalinan kerja sama ini bentuk semangat sinergi antara BUMN dan BUMD. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelabuhan, pergudangan, dan logistik, sebagaimana tekad poros maritim dan nawa cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, kerja sama ini bertujuan mengurangi biaya logistic performance indeks (LPI).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan