Pawai Obor Tradisi Tahun Baru Islam

CIWIDEY – Beragam kegiatan dilakukan sebagian warga yang berada di wilayah Kabupaten Bandung untuk memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah. Hal ini terlihat di Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, Senin (10/9) malam.

Menurut pantauan, para warga melakukan pawai dengan membawa 5000 obor dengan mengitari jalan sejauh 3 kilometer. Para warga dan juga santri pun terlihat antusias mengikuti pawai obor tersebut.

Kades Panundaan, Asep Makmun mengungkapkan, sebanyak 5.000 obor di arak oleh warga, tidak hanya orang dewasa, anak anak pun bersemangat mengikuti pawai ini. Selain dari pawai obor, katanya, dentuman dari suara pukulan bedug pun menambahkan semarak menyambut tahun baru Islam 1440 hijriah ini.

“Pawai 5.00/ obor ini dilakukan dengan tujuan membangun silaturahmi antara umat, dan membangun kepribadian yang lebih baik di awal tahun ini,” kata Asep di sela-sela pawai ribuan obor.

Asep juga menerangkan, selain untuk menjalani silaturahmi sesama umat, kegiatan pawai obor ini untuk menanamkan nilai-nilai keislaman, terutama bagi para anak usia dini. Dimana pada era modern seperti sekarang ini, peradaban dari luar sangat berpengaruh terhadap perilaku dan kepribadian generasi muda khususnya umat muslim.

Salah satu remaja bernama Andi (15) mengatakan sangat senang bisa mengikuti pawai obor bersama teman-temannya, meskipun harus berjalan berkilo-kilo. Dia berharap di tahun 1440 Hijriah ini mendapat keberkahan yang berlimpah. “Senang, karena sebelumnya belum pernah ikut pawai obor seperti ini, harapannya di tahun 1440 Hijriah ini kita semua diberi keberkahan,” paparnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan