Penyelenggaraan Mepeling untuk 1.580 Maba Unla

UNIVERSITAS Langlangbuana menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan masa pengenalan lingkungan kampus (Mepeling). Kegiatan itu merupakan bagian dari penerimaan mahasiswa baru yang digelar selama 4 hari dari tanggal 5-8 September 2018 di lingkungan kampus Unla, Jalan Karapitan no 116 Bandung.

Menurut Rektor Universitas Langlangbuana, Dr.H.R. AR. Harry Anwar SH., MH., mepeling digelar dengan tujuan agar setiap mahasiswa baru mengetahui fungsi, peran dan paradigma baru sistem pendidikan tinggi di Indonesia, serta mengenal posisi Unla di dunia pendidikan tinggi.

Kata dia, melalui Mepeling pula, mahasiswa baru Unla tumbuh kesadaran dan pemahamannya akan kebudayaan, nilai dan etika keilmuan serta ketentuan/peraturan atau tata tertib mahasiswa, termasuk hak dan kewajiban setiap mahasiswa Unla.

”Universitas Langlangbuana sebagai universitas yang berorientasi agar lulusannya inovatif, profesional dan berkarakter. Unla terus berupaya untuk mengutamakan pendidikan karakter yang selama ini telah dilakukan. Dengan upaya pengembangan kurikulum yang dilaksanakan seluruh fakultas pada semester awal perkuliahan dengan mengedepankan mata kuliah dasar umum terutama mata kuliah pendidikan agama, Pancasila dan kewarganegaraan,” kata Harry.

Adanya mata kuliah dasar umum tersebut, agar generasi muda senantiasa ikut serta dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Selain itu, Unla saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan fasilitas pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, pelayanan berbasis teknologi (sistem informasi akademik). ”Dan kemudahan pelayanan administrasi lainnya baik kepada mahasiswa, tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan,”ujar Harry.

Dalam kesempatan ini, Harry selaku Rektor Unla juga mengharapkan agar mahasiswa Unla dapat meningkatkan iman dan taqwa, kemandirian, dan kerja keras yang harus dipertahankan sekuat tenaga. Hal itu supaya dapat menyelesaikan tugas-tugas sebagai mahasiswa Unla dan berhasil menyelesaikan studi tepat waktu, berprestasi dan tetap menjunjung tinggi moralitas.

Lanjutnya, dengan visi Unla menjadi universitas yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan inovatif menuju masyarakat yang sejahtera. Saat ini, Unla terus berupaya mendorong prestasi dosen dan mahasiswanya baik di tingkat nasional maupun internasional.

”Adapun kegiatan Mepeling selama 4 hari ini. Diisi dengan materi-materi berupa fungsi dan peran pendidikan tinggi di Indonesia, pengenalan organisasi dan fungsi universitas/fakultas/jurusan, prospek kerja bidang studi masa depan, sistem kredit semester (sks), masa studi, rencana studi, kurikulum, fungsi dosen pembimbing akademik dan tugas-tugas akademik,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan