SMPN 1 Pangalengan Ikuti Adiwiyata Nasional

PANGALENGAN – SMPN 1 Pangalengan tengah mempersiapkan segala fasilitas penunjang untuk dinilai dalam program sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Kepala SMPN 1 Pangalengan Leli Susilawati mengatakan, SMPN 1 Pangalengan, siap mewakili kabupaten Bandung untuk mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Nasional tahun ini.

SMPN 1 Pangalengan Ikuti Adiwiyata Nasional
CIPTAKAN KONSEP: Kepala sekolah SMAN 1 Pangalengan Leli Susilawati (kiri) bersama
Ketua Komite sedang berdiskusi untuk membuat program lingkungan.

Menurutnya, berbagai program terkait lingkungan dan pembinaan terus disosialisasikan kepada siswa, orang tua siswa. Termasuk, melibatkan semua komponen masyarakat.

Leli mengatakan, selama ini ratusan siswa SMP 1 Pangalengan pernah turun ke jalan didampingi guru-guru, untuk melaksanakan aksi kampanye ke seluruh warga di sekitar lingkungan sekolah.

’’Peserta didik turun langsung kepada masyarakat sambil membawa poster berisikan tulisan peduli lingkungan mengajak warga untuk lebih peka,” Jelas Leli ketika ditemui kemarin (6/9)

Menurutnya, selain datang ke pemukiman warga, anak-anak pada saat itu mendatangi pasar dan terminal di Pangalengan. Mereka sengaja ingin mengajak warga agar peduli kepada lingkungan SMPN 1 Pangalengan menjadi juara 1 atas upaya sekolah dan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini bersifat isidental. Hal ini didorong agar para siswa dapat melaksanakannya dengan rutin.  Untuk selalu menumbuhkan kesadaran lingkungan. Bahkan, mengajarkan kepada siswa agar lebih lebih peka dan menjadi agen lingkungan hidup dikemudian hari.

Selain itu, anak-anak juga didorong untuk membawa makanan dan minuman yang bersih dari rumah. Sehingga, mereka tidak akan jajan yang bisa mendatangkan sampah dari bekas tempat makanan dan minuman yang dibeli.

“Kita juga menjadi nominasi peraih program adiwiyata (lingkungan) ketiga kali dari pemerintah Kabupaten Bandung,” kata dia.

Hal yang sama dikatakan Kadif Firmasyah Ketua komite SMPN1 Pangalengan menurutnya, pihaknya optimis kalau SMPN 1 Pangalengan sudah layak mewakili Kabupaten Bandung ke tingkat Nasional dalam lomba Adiwiyata 2018.

Dari dua katagori yang menjadi penilaian lomba Adiwiyata sudah layak dan siap, baik secara administrasi dan real di lapangan.

“Kami sudah layak dan siap untuk mengikuti lomba adiwiyata tingkat nasional mewakili kabupaten Bandung. Segala komponen yang menjadi penilaian sudah siap,” punkas dia (adv/rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan